,

H Firmandez Apresiasi BPMA Mulai Berkantor di Aceh

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, mengapresiasi dibukanya kantor Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) di Banda Aceh. sebelumnya badan ini berkantor di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta.

“Saya dengar pembukaan kantor BPMA secara resmi akan dilakukan pada Senin, 13 Agustus 2018 di Banda Aceh. Ini patut kita apresiasi dan harus didukung semua elemen di Aceh, kita berharap Aceh bisa mendapatkan hak-hak Aceh di bidang pengelolaan minyak secara maksimal melalui badan ini,” jelas politisi Golkar tersebut.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, BPMA merupakan amanat Undang-Undang 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, dan juga pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi di Aceh.

“Dengan terbentuknya BPMA semua kewenangan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas di Aceh beralih ke BPMA, termasuk soal produksi. Jadi Aceh akan memperoleh hak-haknya di bidang migas melalui badan ini,” lanjut H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini megharapkan, peralihan kewenangan SKK Migas ke BPMA bisa dituntaskan oleh Kementerian ESDM dalam waktu dekat, apa lagi Pemerintah Aceh telah membentuk manajemen BPMA dan telah merekrut karyawan untuk berkantor di Aceh.

H Firmandez menambahkan, BPMA mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi dalam wilayah kewenangan Aceh. Selain itu BPMA juga bisa melakukan melakukan kontrak-kontrak bisnis Migas dengan perusahaan dalam negeri dan perusahaan multinasional.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *