,

H Firmandez: APBA Harus Segera Disahkan

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez mengharap eksekutif dan legislatif di Aceh untuk segera menyelesaikan pembahasan anggaran dan mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2018.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menghimbau semua pihak untuk bekerja sesuai tupoksi masing-masing, tanpa “tersandera” dalam politik anggaran.

“Harus segera disahkan, karena ini menyangkut dengan pelayanan publik dan pembangunan daerah. Keterlambatan ini merupakan persoalan lama. Seingat saya hanya sekali APBA disahkan sebelum tahun anggaran berjalan, yakni APBA 2014 yang disahkan pada 20 Desember 2013. Selebihnya selalu telat,” ungkap Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

H Firmandez melanjutkan, malah ada pengesahan APBA yang dilakukan mendekati pertengahan tahun anggaran berjalan, yakni APBA 2007 disahkan pada 18 Mei 2007, APBA 2008 disahkan pada 20 Juni 2008, APBA 2010 disahkan pada 19 Maret 2010, dan APBA 2011 yang disahkan pada April 2011.

H Firmandez berharap keterlambatan seperti itu tidak boleh lagi terjadi, karena akan berdampak pada realisasi dan serapan anggaran di akhir tahun. Menurutnya, sudah terlalu sering Aceh mengalami Sisa lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA).

“Malah tahun 2017 SilPA Aceh mencapai Rp 1,2 triliun. Ini ironis. APBA itu kan sumber pembiayaan layanan publik. Kalau pengesahannya lambat, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena terlambatnya peredaran uang dalam masyarakat dari APBA itu sendiri. APBA harus benar-benar bisa menjadi stimulant untuk pertumbuhan ekonomi di Aceh,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *