,

H Firmandez: Akreditasi RS Munyang Kute Harus Ditingkatkan

REDELONG – Untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute, Redelong, Bener Meriah sudah semestinya statusnya ditingkatkan. Selama ini rumah sakit plat merah tersebut masih berstatus madya.

Hal itu disampaikan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2, H Firmandez, Minggu, 1 April 2018. Menurut Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini, sebagai rumah sakit kabupaten, RSUD Munyang Kute harus terus bisa berbenah agar akreditasinya naik.

“Kalau bisa malah jangan hanya naik dari madya ke tingkat utama, tapi langsung ke tingkat pratama. Tapi untuk menuju ke sana tentu fasilitas dan infrastruktur penunjang harus disiapkan sejak dini,” jelas politisi Golkar tersebut.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan ini melanjutkan, untuk meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana rumah sakit daerah tersebut, Pemkab Bener Meriah bisa menggunakan dana Otsus, apalagi Pemerintah Aceh sudah mengembalikan pengelolaan dana Otsus ke daerah melalui Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) di masing-masing kabupaten/kota.

“Sebagai Koordinator Tim Pengawas Otsus Aceh, saya berharap dana Otsus bisa digunakan untuk hal-hal yang bersetuhan langsung dengan pelayanan publik, seperti rumah sakit misalnya. Sudah saatnya Munyang Kute kita perjuangkan menjadi rumah sakit rujukan di dataran tinggi Gayo dengan akreditasi pratama,” pungkas H Firmandez.

Pekan lalu, Tim Survey Verifikasi Akreditasi Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh dr. Flora Maya Danamik, melakukan survey Verifikasi Akreditasi KARS RSUD Munyang Kute. Tim tersebut melakukan verifikasi ulang karena akreditasi tingkat Madya RSUD Munyang Kute akan berakhir pada 4 Desember 2019 nanti.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *