,

H Firmandez Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha

LANGSA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, H Firmandez, mengajak para mahasiswa dan anak muda untuk menjadi pengusaha. Ajakan itu disampaikan H Fimandez saat menjadi pemateri pada seminar entrepreneur nasional yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Se-Kota Langsa, 27 April 2018.

H Firmandez mengajak sekitar 500 mahasiwa yang ikut seminar nasional tersebut untuk menjadi pengusaha. Karena, menururnya, sejarah telah membuktikan bahwa orang Aceh merupakan pengusaha dari sejak zaman dahulu.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini mencontohkan, Habib Bugak Asy yang mewakafkan tanahnya di Arab untuk kebutuhan jamaah haji, lalu zaman kemerdekaan ada Markam yang menyumbang emas untuk monument nasional (Monas). Ada juga Gabungan Saudagar Aceh (Gasida) yang memfasilitasi dan mengumpulkan dana untuk membeli dua pesawat untuk Republik Indonesia.

“Karena itu saya mengajak adik-adik mahasiwa mari menjadi pengusaha, mari merevitalisasi kembali jiwa entrepreneur orang Aceh yang dari dulu sudah dikenal sebagai saudagar. Kalau dulu mereka sukses secara otodidak, sekarang harus dipersiapkan sejak dini, salah satunya adalah melalui wadah HIPMI PT ini,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, mahassiwa jangan selamanya berpikir tamat kuliah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pejabat, karena PNS ruang lingkup dan penghasilannya terbatas. Karena itu, mindset pemuda zaman sekarang harus diubah, dari pola pikir menjadi PNS ke pola pikir menjadi pengusaha.

“Kalau dulu negara ini dibangun dengan sumber daya alam, sekarang tidak lagi. Pembangunan nasional sekarang sebagian besar ditopang oleh pajak. Dan pajak itu berasal dari pengusaha. Maka, mari jadi pengusaha, belajar sejak dini di kampus melalui organisasi HIPMI PT ini,” ajak H Firmandez.

Selain H Firmandez, seminar nasional dengan tema “Ayo Jadi Pengusaha” itu juga diisi oleh senator asal Aceh di DPD RI, H Fachrul Razi dan Direktur Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien dr Yusuf.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *