,

H Firmandez: 2019 Kereta Api Trans-Sumatera Harus Sudah Beroperasi di Aceh

BANDA ACEH – Pembangunan jalur kereta api trans-Sumatera yang kini sudah memasuki wilayah Aceh, diharapkan bisa berjalan optimal, sehingga tahun 2019 sudah bisa beroperasi di Aceh sebagaimana yang direncanakan pemerintah.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, H Firmandez menjelaskan, saat reses ke Kabupaten Aceh Tamiang beberapa waktu lalu, menyempat diri meninjau langsung pembangunan proyek strategis nasional tersebut.

“Saya lihat pembangunan sudah melewati Tanjung Pura, sudah masuk ke wilayah Aceh Tamiang. Kita berharap pembangunannya bisa dipercepat. Ini sudah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk memperlancar transportasi antar wilayah,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini mengungkapkan, ada dua jalur kereta api yang akan dibangun di Aceh, dari lima jalur pembangunan kereta api trans Suamatera. Kedua jalur tersebut adalah pembangunan jalur kereta api jalur Langsa – Besitang yang pembangunannya sudah masuk ke wilayah Aceh Tamiang, dan jalur Bireuen – Lhokseumawe sepanjang 20 kilometer.

“Kedua jalur itu ditargetkan beroperasi tahun 2019, dengan menambah operasi jalur kereta api eksisting sepanjang 11 kilometer di lintasan Bireuen – Lhokseumawe,” ungkap H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, selain jalur kereta api trans- Sumatera di Aceh, juga ada beberapa proyek Kementerian Perhubungan lainnya di Aceh yakni, rehabilitasi terminal Batoh, rehabilitasi terminal Langsa, 8 paket perlengkapan jalan, 1 paket pemeliharaan perlengkapan jalan, tujuh trayek subsidi angkutan jalan, 4 lintasan subsidi angkutan penyebrangan, 1 paket pekan keselamatan, serta beberapa proyek dan kegiatan lainnya.

“Saya bersama kawan-kawan di Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, akan terus mengawal ini, semoga dengan adanya peningkatan infrastruktur perhubungan di Aceh, akan terwujudkan konektivitas antar wilayah yang akan memberi dampak bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *