,

Guru Keluhkan Dana Sertifikasi Tidak Cair

BLANGKEJEREN – Sebagian besar guru di Gayo Lues mengeluhkan lambatnya pembayaran dana non fungsional dan dana sertifikasi. Meski sudah akhir Maret 2017, dana non fungsional guru tahun 2016 juga belum semuanya dicairkan oleh pemerintah.

Salah seorang guru di Blangkejeren, Sabtu, 25 Maret 2017 mengungkapkan, ia dan guru-guru lainnya sudah melengkapi berbagai bahan yang disyaratkan untuk pencaira dana tersebut, namun belum juga dicairkan.

“Kami tidak tahu apa penyebab terlambatnya pembayaran dana non fungsional untuk guru dan dana sertifikasi guru, kalau kami intinya syarat apa yang diminta oleh Dinas Pendidikan, ya itu kami penuhi, masalah pencairan dan segala macamnya kan bukan kewenangan kami lagi,” katanya

Menanggapi hal itu, Kasi PTK Dikdas Dinas Pendidikan Gayo Lues, Usman menjelaskan persoalan terlambatnya pencairan dana tersebut bukan di kabupaten, tapi di tingkat nasional.

“Secara keseluruhan tunjangan non fungsional guru tahun 2016 tiga bulan lagi belum dibayar ditambah dua bulan tahun 2017 sampai bulan Februari, sedangkan dana sertifikasi guru tahun 2016 secara keseluruhan hanya bulan Desember lagi ditambah tahun 2017, namun jika secara rinci, ada tiga orang lagi penerima Dana Sertifikasi tahun 2016 yang belum dibayarkan selama tiga kulan karena keterlambatan penyerahan berkas persyaratan ke dinas,” jelas Usman.

Usman mengaku, penyebab belum terbayarnya dana sertifikasi dan tunjangan non fungsional guru akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 ini adalah akibat anggaran dari pusat belum di transper ke daerah, sehingga dari daerah juga tidak bisa menyalurkan ke dewan guru.

“Tahun 2016 lalu kekurangan anggaran untuk sertifikasi dan non fungsional guru, jadi sekarang sedang dalam tahapan penyelesaian realisasi tahun 2016 dulu, setelah itu dipertanggung jawabkan, barulah bisa direalisasikan tahun 2017,” jelasnya.

Menurut perhitungan kata Usman, dana sertifikasi guru dan non fungsional tahun 2016 dan awal tahun 2017 akan ditransper pusat ke daerah pada minggu pertama bulan April ini, dan saat uangnya tiba di Gayo Lues, hak dewan guru itu akan langsung diberikan sesuai dengan ketentuan. [Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *