,

Guru di Aceh Dibekali Pelatihan Pedagogy

BANDA ACEH – Ribuan guru dari kabupaten/kota di Aceh secara bertahap akan dilibatkan dalam pelatihan pedagogy. Suatu metode pembelajaran yang menempatkan anak didik sepenuhnya menjadi objek proses belajar, guru hanya bertugas mengevaluasi.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo menjelaskan, tugas guru hanya dua, yakni menjadikan kehidupan siswa lebih bermakna di dunia dan akhirat. “Tugas guru hanya dua yaitu bagaimana mendidik anak-anak negeri ini bisa enak hidup dan bisa enak mati,” katanya pada pelatihan fasilitator daerah Usaid Prioritas tingkat SMP/Mts di Grand Aceh Hotel kemarin.

Menurut Darjo, guru boleh tua karena usia terus berjalan, tapi guru tidak boleh usang karena guru sangat berarti. Untuk meningkatkan kapasitas guru, pada tahun 2016 ini Dinas Pendidikan Aceh mengangarkan dana untuk pelatihan peadagogy atau pembelajaran bagi ribuan guru di kabupaten.

“Untuk tahap awal kami akan melatih seluruh fasilitator daerah yang akan dipilih oleh dinas pendidikan kabupaten. Fasilitator ini selanjutnya melatih pada tingkat sekolah. Peran pengawas juga sangat penting terlibat dalam pelatihan guru,” lanjutnya.

Pelatihan yang dihadiri oleh 40 orang fasilitator daerah dari kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Utara, Aceh Barat Daya dan Pidie Jaya tersebut berlangsung selama 4 hari. Isu utama modul III adalah para siswa dididik memiliki ketrampilan informasi yang memadai. Mereka diajar menemukan informasi, memilih informasi yang relevan, mengolah, mengidentifikasi berbagai cara menyajikan informasi dan membuat laporan yang runut dan terstruktur. [HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *