,

Guru Agama Harus Tinggalkan Paradigma Lama

CALANG – Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Aceh diminta untuk meninggalkan paradigma dan cara lama dalam mengajar. Guru PAI diharapkan lebih memahami metode Pembelanjaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pekeh pada diseminasi pelatihan guru PAI dengan metode PAKEM di Aceh Jaya, Kamis, 4 Februari 2016.

“Masa depan pendidikan dan siswa di sekolah bermula dari ide-ide dan kreatifitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Guru tidak boleh lagi mengajar dengan cara-cara lama menggunakan metode konvensional yang hanya mencatat di papan tulis atau mendikte, sekarang siswa harus kreatif dan menemukan jawaban dari aktivitasnya di dalam kelas dan guru sebagai fasilitator yang membimbing mereka,” kata Daud Pakeh.

Kegiatan tersebut diikuti 85 guru PAI jenjang SD/MI dari 9 kecamatan di kabupaten Aceh Jaya. Pelatihan tersebut difasilitasi oleh Fasilitator Daerah Usaid Prioritas. Koordinator Usaid Prioritas Aceh Jaya, Sri Wahyuni menjelaskan, kegiatan tersebut digelar untuk pengembangan kemampuan guru terutama dalam meningkatkan kualifikasi akademik.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *