,

Geothermal Jaboi Baru Hasilkan 16 MW Energi

BANDA ACEH – Potensi panas bumi di Jaboi diperkirakan mencapai 80 Mega Watt (MW). Baru menghasilkan 16 MW energy dari pengeboran satu sumur telah dilakukan PT Sabang Geothermal Energi (SGE).

Energi yang dihasilkan panas bumi Jaboi ini direncanakan untuk disalurkan ke Perusahaan Listrik Negara. Nantinya PLN yang menyuplay energi itu ke pelanggan. Selasa, 3 April 2018, Gubernur Irwandi menjelaskan, bila dimungkinkan kelebihan listrik yang dihasilkan di Jaboi akan disalurkan lewat jalur kabel laut ke Banda Aceh.

“Yang dibutuhkan untuk kota Sabang ke depan sekitar 15 MW. Sisanya bisa dikirimkan lewat kabel laut ke Kota Banda Aceh,” kata Irwandi yang datang ke Jaboy bersama perwakilan Hatay Holding, Turki.

Menurut hitungan Irwandi, jarak Banda Aceh – Sabang diperkirakan sekitar 30 kilometer. Kabel bawah laut ini bernilai 1 juta USD per kilo meter. Jika ditotalkan dalam mata uang rupiah, maka membutuhkan dana sekitar Rp 300 miliar (30 juta USD) untuk menyambungkan kabel laut ke Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Irwandi juga mengajak Emin dari Hatay Holding untuk berinvestasi di tiga Sabang, baik bidang di sektor pembangunan infrastruktur, agroindustri maupun kepariwisataan.

Menurutnya Irwandi, Sabang cocok untuk bisnis perhotelan. Ia menjamin kemudahan perizinan untuk investor yang berbisnis di Sabang, karena segala proses administrasi langsung ditangani di kota kepualauan tersebut.[HK/rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *