,

Gempa 5,0 SR Landa Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Gempa dengan kekuatan 5,0 SR melanda Gayo Lue, Senin, 29 Mei 2017 sekitar pukul 04.54 WIB. Berdasarkan data BMKG, titik gempa berasa pada Lok:4:15 LU,97.20 BT, 27 Km barat Laut Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa menyebabkan sejumlah rumah rusak parah, salah satunya seperti rumah milik Adam Malik (41) warga desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca.

Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf M.F.Nasution mengatakan, dirinya sudah memerintahkan Danramil setempat untuk meninjau langsung rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa, serta melakukan pendataan bila ada rumah warga lainya yang juga ikut rusak.

“Saya sudah perintahkan Danposramil jajaran Kodim 0113/GL untuk mengecek kembali ke desa-desa apakah ada korban jiwa, korban luka dan rumah warga yang rusak akibat gempa tadi pagi,” katanya yang saat dikonfirmasi masih berada di Kodam Iskandar Muda Banda Aceh menghadiri rapat dalam rangka kunjungan Panglima TNI.

“Anggota TNI Kodim akan ikut membantu pemilik rumah membersihkan puing-puing dan membantu memperbaiki bangunan yang rusak bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues,” jelasnya.

Saat terjadinya gempa bumi di Kabupaten Gayo Lues, kebanyakan warga berhamburan keluar rumah masing-masing untuk menyelamatkan diri, begitu juga dengan warga yang sedang berada di Masjid ikut berlari keluar meskipun telah selesai melaksanakan shalat sunat kabliah dan tinggal menunggu shalat subuh.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *