,

Gelombang Tinggi Landa Aceh, Masyarakat Harus Waspada

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengingatkan 3 hari ke depan Aceh berpotensi hujan lebat dan gelombang tinggi. Warga di Aceh diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

Kasi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Zakaria menjelaskan, masih terdapat pusaran tekanan rendah di Samudra Hindia.

Ini menyebabkan konvergensi yang memanjang dari laut Jawa hingga laut Arafuru. Akibatnya suhu muka laut umumnya berkisar antara 27-30 °C dengan anomali hingga +2 °C yang berada di Samudra Hindia, barat Aceh
“Sehingga masih berpotensi Aceh akan turun hujan sedang hingga lebat 2 hari ke depan,” kata Zakaria, Rabu (10/02/2016) via telegram.

Hasil analisa BMKG, kata Zakaria, memprediksikan pengaruh dari angin permukaan dengan kecepatan maksimal berpotensi terjadi di daerah pesisir Aceh. Ini mengakibatkan akan bertahan sampai 3 hari ke depan dengan gelombang laut dengan ketinggian 1 s.d 2,5 meter.

“Bahkan bisa mencapai 3 meter lebih di laut dalam. Sedangkan kecepatan angin bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 10 s.d 60 km/jam dan tertinggi di perairan Aceh dan Selat Malaka,” jelasnya.

Adapun daerah-daerah yang sangat berpotensi terjadi hujan lebat dan gelombang tinggi adalah Nagan raya, Sinabang, Singkil, Takengon dan meluas ke Aceh utara.

“Umumnya hujan terjadi sore atau malam hari dan diperkirakan hari Jumat hujan mulai berkurang,” jelasnya.

Untuk gelombang laut, Ulee Lheue – Balohan, Sabang gelombang mencapai 1- 2 meter, Lamteh – Ulee Lheue ketinggian gelombang 2-3,5 meter, Sinabang – Labuhan Haji 1,25 – 2,5 meter, Sinabang-Singkil 0,5 -1,5 meter dan Singkil – Pulau Banyak mencapai 2,4-3.0 meter.[HD]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *