,

Gayo Lues Siapkan Peralihan Pengelolaan SMA ke Provinsi

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues dalam pekan ini terus mempersiapkan peralihan pengelolaan sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Aceh. Seluruh pegawai dan guru SMA/SMK akan beralih menjadi tanggung jawab provinsi.

Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim, Jumat, 24 Juni 2016 mengatakan, penarikan sekolah SMA yang ada di Kabupaten menjadi kewenangan Provinsi mengelolanya berdasarkan Undang-Undang bukan Peraturan Presiden ataupun Gubenur.

“Kemarin sudah kita rapatkan mengenai penarikan pengawai SMA di Gayo Lues ke provinsi, karena selain pegawainya dari daerah menjadi pegawai provinsi, seluruh bangunan beserta asetnya akan ikut diserahkan kepada provinsi,” jelas Ibnu Hasyim.

Pengelolaan sekolah SMA/SMK menjadi kewenangan provinsi kata Ibnu Hasyim akan dimulai sejak awal tahun 2017 mendatang, untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan sejak pertengahan tahun 2016, sehingga guru SMA yang mengiginkan pindah menjadi guru SMP masih sempat.

“Yang menjadi kewenangan daerah sekarang hanya pegawai dan sekolah SMP dan SD, kalau SMA itu gurunya juga langsung ditarik ke Provinsi, artinya bukan tanggung jawab daerah lagi seperti sekarang ini, dan segala sesuatunya juga langsung dari provinsi,” terangnya.

Dengan ditariknya sekolah SMA ke Provinsi Aceh, kepala sekolah beserta gurunya akan diatur langsung oleh Dinas Pendidikan Aceh, sedangkan jika ada guru SMA yang ingin menjadi pegawai daerah masih sempat pindah dari SMA ke SMP ataupun ke Sekolah Dasar. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *