,

Gayo Lues Rekrut Guru Hafizh Alqur’an

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues membuka lowongan bagi guru hafizh Alqur’an yang akan ditempatkan di sebelas kecamatan, salah satu syaratnya adalah mampu menghafal Alqur’an minimal lima juz.

Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, Sabtu, 10 Februari 2018 mengatakan, penerimaan guru hafizh Alqur’an itu dalam rangka pelaksanaan program Pemda Gayo Lues untuk mencetak 1.000 hafizh dan hafizhah di negeri seribu bukit tersebut.

“Kita merencanakan di setiap masjid jamik kecamatan akan ditempatkan satu orang guru hafizh untuk mendidik anak-anak supaya bisa menghafal Alqur’an, dan guru ini akan digaji lagsung oleh pemerintah daerah,” katanya.

Namun ia mengaku pesimis dengan jumlah guru hafizh yang dibutuhkan akan terpenuhi, dia berencana, jika nantinya jumlah guru tidak terpenuhi akan mengirimkan calon guru hafizh terlebih dahulu keluar daerah.

“Selama ini pengajian yang dilaksanakan di desa-desa Gayo Lues hanya tingkatan mengaji saja, belum ada mengarah untuk hafalan, kalaupun ada hanya di tingkat pesantren, itu pun jumlahnya masih sedikit,” ujarnya.

Saat ditanyai apakah ada wacana Pemkab Gayo Lues untuk membuka sekolah atau pesantren hafizh dan hafizhah, H Said Sani mengatakan belum ada, hanya saja pihaknya akan memanfaatkan pesantren-pesantren yang sudah ada dibantu dengan satu guru di setiap kecamatan.

Berdasarkan surat Bupati no 541.31/353/2018, ada beberapa syarat untuk bisa menjadi guru hafizh dan hafizhah, diantaranya berumur 18 tahun, mampu meghafal Alqur’an minimal 5 Juz, bersedia ditempaktan dan mengajar di masjid jamik kecamatan atau lembaga pendidikan tahfizh Alqur’an lainya dalam wilayah Gayo Lues, beresdia menjadi guru muatan lokal tahfizh Alqur’an di lembaga pendidikan formal dalam wilayah Kecamatan penempatan.

Sedangkan persyaratan pelamar administrasi, menujukan surat permohonan kepada Bupati, foto copy ijazah terakhir yang dilegalisir, foto copy KTP dan KK, dan pas photo 3×4 warna sebanyak 2 lembar, surat lamaran itu diantar ke kantor Dinas Syariat Islam mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 17 Februari 2018.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *