,

Gampong Sapik Desa dengan Administrasi Terbaik di Aceh

TAPAKTUAN – Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, terpilih sebagai juara satu penilaian administrasi dokumen evaluasi perkembangan gampong pada perlombaan gampong tahun 2018 se-Aceh. Gampong Sapik berada di pedalaman Kecamatan Kluet Timur berjarak sekitar 60-an Km sebelah timur Kota Tapaktuan itu berhasil menyingkirkan 6.474 gampong se-Aceh.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Selatan, Emmifizal SP mengatakan, penetapan Gampong Sapik sebagai juara satu se-Aceh tersebut berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi tim lomba gampong tingkat Provinsi Aceh yang dibentuk oleh Gubernur Aceh tanggal 12 Maret 2018 lalu.

“Tim penilai tingkat Provinsi Aceh telah melaksanakan penilaian tahap satu yaitu seleksi administrasi. Alhamdulillah dalam penilaian dan evaluasi ini Gampong Sapik berhasil keluar sebagai juara satu menyingkirkan sebanyak 6.474 desa lainnya se-Aceh,” kata Emmifizal SP kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis, 3 Mei 2018.

Untuk tahap selanjutnya, tim penilai dibawah kendali Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh akan menggelar seleksi tahap dua yakni klarifikasi lapangan yang berlangsung mulai tanggal 30 April – 12 Mei 2018. Berdasarkan Berita Acara Hasil Penilaian Seleksi Adminisrasi tersebut, pihak panitia telah menetapkan 10 gampong se-Aceh yang berhak mengikuti seleksi tahap II.

Berdasarkan surat Kadis PMG Provinsi Aceh, Prof Dr Ir Amhar Abubakar M.Sc yang dikirim ke Dinas PMG Aceh Selatan tanggal 20 April 2018 lalu, sepuluh gampong dimaksud adalah Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur Aceh Selatan, Gampong Suak Raya Kecamatan Johan Pahlawan di Aceh Barat, Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka di Aceh Besar.

Kemudian Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam di Kota Banda Aceh, Gampong Suka Jadi Kecamatan Rantau di Aceh Tamiang, Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat di Kota Langsa, Gampong Bumi Ayu Kecamatan Timang Gajah di Bener Meriah, Gampong Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget di Aceh Tengah, Gampong Lhok Mambang di Kecamatan Gandapura di Bireuen dan Gampong Pante Beurene Kecamatan Meurah Dua di Pidie Jaya.

Berdasarkan jadwal seleksi klarifikasi yang dikirim DPMG Provinsi Aceh, tim penilai tingkat provinsi akan berkunjung ke Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan pada tanggal 11 Mei 2018. Menindaklanjuti hal itu, kata Emmifizal, Plh Bupati yang juga Sekda Aceh Selatan H. Nasjuddin S.H,MM telah meminta kepada lembaga dan instansi terkait dijajaran Pemkab Aceh Selatan untuk dapat memberikan dukungan sarana yang bersifat bantuan dan pinjam pakai agar pelaksanaan penyambutan tim penilai tingkat provinsi di Gampong Sapik terlaksana dengan sukses.

“Pada seleksi tahap dua ini, tim penilai tingkat provinsi akan mengklarifikasi dan memvalidasi seluruh data di lapangan. Khususnya terkait kesiapan Gampong Sapik mengikuti perlombaan dimaksud, kemudian akan dievaluasi pengelolaan dana desa khususnya dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) serta peran PKK dalam gampong setempat selama ini,” papar Emmifizal.

Emmifizal menegaskan, akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan cita-cita dan keinginan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat menjadikan Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur keluar sebagai juara satu tingkat Provinsi Aceh dalam perlombaan gampong tahun 2018 ini.

Sebab, kata dia, terhitung sejak tiga tahun terakhir Aceh Selatan hanya mampu merebut juara dua se-Aceh dalam perlombaan gampong. Pada tahun 2016 lalu Aceh Selatan mengutus Gampong Lhok Reukam, Kecamatan Tapaktuan dan tahun 2017 Gampong Panton Pawoh, Kecamatan Labuhanhaji Barat. Secara berturut-turut kedua gampong ini hanya berhasil finish diurutan kedua se-Aceh baik saat seleksi tahap administrasi maupun seleksi klarifikasi lapangan.

“Dengan berhasil keluarnya Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur sebagai juara satu se-Aceh pada seleksi administrasi, maka kita berharap prestasi itu akan diikuti juga pada saat seleksi klarifikasi lapangan. Sebab jika mendapat gelar juara satu pada seleksi tahap dua, maka Gampong Sapik berhak mewakili Provinsi Aceh ke perlombaan serupa tingkat nasional yang rencananya akan digelar pada bulan Agustus 2018 ini,” papar Emmifizal.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *