,

GAMIF Akan Dongkrak Pariwisata Gayo-Alas

BLANGKEJEREN – Event internasional Gayo-Alas Mountain International Festival (GAMIF) yang akan digelar di dataran tinggi Gayo pada 2018 mendatang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara ke kawasan Aceh bagian tengah tersebut.

Harapan itu disampaikan anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2, H Firmandez, Selasa, 14 November 2017. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini, event bertaraf internasional yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia tersebut harus disambut serius oleh empat kabupaten di bagian tengah Aceh, yakni Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

H Firmandez menjelaskan, GAMIF digagas dan difasilitasi oleh Kemenko PMK dengan melibatkan 37 pejabat dari 12 kementerian dan lembaga terkait, seperti Kemenko Perekonomian, Bappenas, Kemenkeu, Kenendikbud, Kemenpar, Kenmen PUPR, Kenen ATR/BPN, KLHK, Kementerian Pertanian dan Kenenterian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Ini kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan idustri pariwisata di kawasan Aceh bagian Tengah. Pemerintah keempat daerah ini dengan bantuan kementeruan terkait dan Pemerintah Aceh harus menyiapkan infrastruktur pariwisata yang bagus untuk mendukung GAMIF, jangan asal-asalan, karena ini event internasional,” harap Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.

Selain itu, H Firmandez meminta kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah 4 kabupaten tempat penyelenggaraan GAMIF untuk memanfaatkan semaksimal mungkin event tersebut untuk upaya-upaya strategis untuk percepatan pembangunan daerah Gayo sesuai potensi yang dimiliki masing-masing daerah.

“Gayo dan Alas itu sudah terkenal ke seantero dunia dengan kopi dan ekosistem taman nasional Gunung Leuser, jadi tidak susah untuk mengkampanyekan pariwisata di sana, tinggal sekarang infrastruktur pemdukungnya yang harus ditingkatkan,” lanjut anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan tersebut.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *