,

Gajah Liar Rusak Tanaman Warga Blangtemung

BLANGKEJEREN – Kawanan gajah liar turun ke pemukiman warga desa Blangtemung (Badak Uken), Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues. Binatang berbelalai tersebut merusak tanaman warga, mulai dari tanaman keras hingga cabai yang di tanam di mulsa plastic.

Kawanan gajah tersebut diduga berasal dari hutan Kapi di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Bila tidak segera ditangani, dikhawatirkan kawanan gajah tersebut akan diracun oleh para petani.

Camat Dabun Gelang, Syamsul Bahri, Selasa, 4 Juli 2017 mengatakan, pihaknya sempat melihat tiga ekor gajah masuk ke kawasan hutan di kawasan pemukiman penduduk. Pihaknya kemudian melakukan pengecekan ke daerah tersebut.

Ia mendapati ada 10 mulsa cabai, tanaman pisang, serta beberapa tanaman lainnya yang dirusak gajah. Selain itu, salah satu rumah di kebun warga dan tempat pengolahan gula aren juga ikut dirusak kawanan gajah.

“Hingga saat ini kawanan gajah liar itu masih berada dilokasi hutan Blangtemung, bekas-bekas kakinya juga banyak terdapat disitu, dan kami dari kecamatan sudah melaporkan ke Kabupaten, seperti Dinas Lingkungan Hidup melalui video yang kami rekam terkait kerusakanya, namun belum ada tanggapan hingga sekarang,” jelasnya.[WP]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *