Furqan Firmandez: afnews Harus Klarifikasi Berita Menyudutkan H Firmandez

0
785

BANDA ACEH – Media online afnews.co.id diminta untuk mengklarifikasi berita yang menyudutkan caleg Golkar untuk DPR RI nomor urut 4 di daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez. Pasalnya media online tersebut memberitakan tentang pembakaran rumah oleh Edi alias Odon yang dikait-kaitkan dengan Timses H Firmandez.

Permintaan klarifikasi tersebut disampaikan oleh Furqan Firmandez selaku Koordinator Tim Relawan H Firmandez, Selasa malam, 23 April 2019. Menurutnya, pemberitaan afnews.co.id tersebut sangat menyudutkan H Firmandez dan dilakukan tanpa konfirmasi alis tidak memenuhi unsur cover both side.

“Menurut kami, media itu telah melanggar UU Nomor 40 tentang Pers, khususnya pasal 7 ayat 2 tentang kode etik jurnalistik. Wartawan juga harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikat buruk. Jika kita membaca berita itu, maka unsur keberimbangan tidak ada sama sekali, malah yang menonjol adalah unsur itikat buruknya, yakni menyerang H Firmandez dengan berita-berita yang tidak benar,” ujar Furqan.

Furqan menambahkan, kode etik jurnalistik jelas mewajibkan setiap wartawan untuk menulis berita sesuai fakta, tanpa campur tangan, apalagi paksaan, dan intervensi dari pihak tertentu, serta tidak beritikat buruk dengan sengaja menyerang pihak lain.

“Kita hargai kerja-kerja jurnalis profesional, yang menghasilkan berita sesuai fakta, bukan rekayasa. Kami melihat afnews.co.id sama sekali belum menunjukkan sikap profesional dalam berita itu, maka kita minta untuk mengklarifikasi berita yang telah menyudutkan H Firmandez,” lanjut Furqan.

Selain itu kata Furqan, pasca pemilu 17 April 2019, berita-berita di media sangat liar, bahkan banyak yang mengandung hoax dan fitnah, untuk itu, jika terkait dengan H Firmandez sebaiknya melakukan check and recheck terlebih dahulu, agar memperoleh informasi yang benar dan memenuhi unsur keberimbangan berita (cover both side).

“Jurnalis merupakan profesi yang penting bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi. Maka jurnalis memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan berita yang benar, data sudah terverifikasi, nara sumber kredibel dan berimbang, bukan asal tulis untuk menyerang lawan,” lanjut Furqan.

Furqan juga menyarankan wartawan afnews.co.id untuk mempelajari dan memahami Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) dari Dewan Pers, yang mewajibkan berita pada media siber harus melalui proses verifikasi dan mengutamakan prinsip akurasi dan keberimbangan.

“Jangan-jangan afnews.co.id sendiri belum terverifikasi dan tidak terdaftar di Dewan Pers, jadi belum memahami PPSM itu. Sebelum kami mengambil langkah hukum, sebaiknya afnews.co.id membuat klarifikasi berita yang menyudutkan H Firmandez itu, saya sarankan wartawannya untuk baca buku Bill Kovach The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and The Public Should Expect, agar paham profesi jurnalis itu bagaimana,” pungkas Furqan.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here