,

Firmandez Dukung Pembangunan Pabrik Semen di Laweung

SIGLI – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, menyatakan mendukung sepenuhnya rencana pemerintah membangun pabrik semen di kawasan Laweung, Pidie.

Namun, anggota politisi Golkar ini meminta kepada pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, untuk memastikan pembebasan 1.500 hektar lahan berjalan lancar.

“Kita dukung sepenuhnya pembangunan pabrik semen di Laweung, itu akan membuka lapangan kerja bagi warga Pidie khususnya dan warga Aceh umumnya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan meningkat, tapi sebelumnya pastikan dulu kalau pembebasan lahannya tidak bermasalah. Ini penting agar kelak tidak terjadi gesekan antara pihak perusahaan dengan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Firmandez juga mengingatkan, agar PT Semen Indonesia Aceh nantinya bisa menghasilkan semen yang berkualitas dan ramah lingkungan. “Di mana-mana industrilisasi sangat erat kaitannya dengan lingkungan, kita berharap pembangunan pabrik semen ini tetap bisa menjaga lingkungan,” harap Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh ini.

Sebagaimana diketahui, PT Semen Indonesia akan melakukan pencangkuan dan peletakan batu pertama pembangunan PT Semen Indonesia Aceh di Laweung pada akhir April 2016. Pabrik yang ditargetkan rampung pembangunannya pada 2020 ini dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 5 triliun dan akan menyerap 3.000 tenaga kerja.[Isn]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *