Festival Saman Gayo Alas Akan Digelar di Blangkejeren

0
258

BLANGKEJEREN – Festival tari saman Gayo Alas akan digelar di Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues dengan peserta dari seluruh Aceh.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin, Rabu, 27 Maret 2019. Katanya, dari 100 event yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata di tahun 2019 ini, tiga event diantaranya berada di Provinsi Aceh, dan salah satunya akan diselenggarakan di Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues.

“Hanya festival tari saman Gayo Alas yang dilaksanakan di Gayo Lues, itupun direncanakan akan berlangsung pada bulan Agustus nanti, kalau bisa bersamaan dengan pacuan kuda supaya lebih meriah, siangnya masyarakat bisa nonton pacuan kuda, kemudian malamnya bisa nonton festival tari Saman Gayo Alas,” katanya.

Event seperti ini kata Syafrudin harus bisa dipertahankan supaya setiap tahun bisa digelar di Kabupaten Gayo Lues, dengan begitu, festival tari saman Gayo Alas akan menjadi event nasional dan terjadwal yang nantinya bisa mendatangkan orang luar menyaksikan tari saman di Kaupaten Gayo Lues.

“Tujuan kita selain mengembangkan tari saman di seluruh Aceh, festifal ini juga akan menjadi event tahunan, yang mana para turis bisa menyaksikan event ini setiap bulan Agustus sembari berekreasi ke hutan Leuser Gayo Lues, otomatis pengunjung wisata kita juga akan meningkat,” jelasnya.

Festifal yang didanai anggaran APBA Provinsi Aceh itu kata Syafrudin harus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya wisatawan asing dan luar daerah sering berkunjung ke Kabupaten Gayo Lues.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here