,

Evaluasi Pelaksanaan UUPA Mutlak Harus Dilakukan

BANDA ACEH – Pelaksanaan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) harus dievaluasi. Pemerintah Aceh bersama Pemerintah Pusat perlu melakukan komunikasi yang intensif agar semua turunan UUPA bisa direalisasi.

Meski usia UUPA sudah 10 tahun, namun masih ada beberapa regulasi dari Pemerintah Pusat terkait turuna UUPA yang belum diselesaikan. Pemerintah Aceh sendiri juga belum menyelesikan 14 Qanun dari 59 Qanun yang diamanahkan UUPA.

Karena itu, Koordinator Tim Pemantau Otsus Aceh di DPR-RI, H Firmandez, menilai evaluasi pelaksanaan UUPA harus segera dilakukan. “Kita rembuk bersama pemerintah dan kementerian terkait di mana kendalanya sehingga ada regulasi yang masih belum selesai, padahal sudah 10 tahun usia UUPA,” kata Firmandez, Jumat, 25 Maret 2016.

Sebagaimana diketahui, dari 9 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP), 5 diantaranya sudah disahkan menjadi Peraturan Pemerintah (PP), yakni: PP Nomor 20 Tahun 2007 tentang partai politik lokal, PP Nomor 58 Tahun 2009 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian Sekda Aceh dan Sekda kabupaten/kota, PP Nomor 83 tahun 2010 tentang kewenangan pemerintah yang bersifat nasional di Aceh, dan PP Nomor 23 tahun 2015 tentang pengelolaan sumber daya alam bersama minyak dan gas bumi di Aceh.

Firmandez melanjutkan, evaluasi sangat penting karena masih ada peraturan pelaksan yang perlu direvisi, seperti PP Nomor 3 Tahun 2015 tentang kewenangan pemerintah yang bersifat nasional di Aceh, Perpres Nomor 25 tahun 2015 tentang pengalihan kantor wilayah Badan Pertanahan Nasiona Aceh dan kantor pertanahan kabupaten/kota menjadi Badan Pertanahan Aceh dan Kantor Pertanahan kabupaten/kota.

“Pemerintah Aceh harus terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar turunan UUPA yang belum tuntas bisa segera dituntaskan. Makanya evaluasi harus dilaksanakan,” pungkas politisi Golkar itu. [Isn]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *