,

Erli Hasyim Harapan Baru Negeri Ate Fulawan

SINABANG – Erli Hasyim bersama Afridawati Darmili resmi dilantik sebagai Bupati dan wakil Bupati Simeulue periode 2017-2022. Pelatikan dilakukan Gubernur Irwandi Yusuf, Kamis, 20 Juli 2017 dalam sidang paripurna istimewa DPRK Simeulue.

Pasangan ini dinilai sangat cocok untuk memimpin negeri ate fulawan (berhati emas-red) tersebut. Erli Hasyim telah punya pengalaman yang mapan dalam dunia politik dan pemeritahan, baik ketika menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), maupun sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wialyah (DPW) Partai Bulan Bintang Aceh.

Khusus di PBB Aceh, Erli Hasyim sudah dua periode dipercaya menjadi nahkoda partai tersebut. Jabatan Ketua DPW PBB Aceh akan disandang Erli Hasyim hingga 2020 mendatang.

“Dengan bekal kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Erli Hasyim, saya yakin dia mampu membawa Simelue menjadi lebih baik. Saya sangat mengapresiasinya dan mengucapkan selamat atas pelantikan Erli Hasyim sebagai Bupati Simeulue,” ujar Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Kamis, 20 Juli 2017.

Wakil Sekretrais Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini mengatakan sudah kenal dekat dan sangat akrab dengan Erli Hasyim, sehingga sangat paham dan tahu kemampuan dalam memimpin.

Erli Hasyim dan H Firmandez pernah sama-sama menjadi anggota DPRA periode 2009-2014, Erli Hasyim saat itu sebagai Ketua DPW PBB Aceh, sementara H Firmandez sebagai Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Dua-duanya hanya memiliki satu kursi di DPRA.

Meski demikian, kata H Firmandez, ia bersama Erli Hayim dan dua anggota DPRA lainnya yang juga dari partai minoritas yang hanya memiliki satu kursi, membuat kaukus lima serangkai.

Kaukus ini terdiri dari H Firmandez (PKIP), H Irmawan (Partai Kebangkitan Bangsa) Erli Hasyim (PBB), Tgk Muhibussabri A Wahab (Partai Daulat Aceh), dan T Saifuddin dari Partai Patriot (non kursi di DPRA).

“Pada pemilu legislatif 2009 itu, kekuatan partai lokal dan partai nasional imbang, kami yang empat kursi ini jadi penentu. Akhirnya, atas lobi-lobi politik, kami bergabung dalam kelompok partai lokal. Meski kami partai gurem, tapi jadi penentu di DPRA, dan Erli Hasyim punya peran dalam hal ini,” ungkap H Firmandez.

H Firmandez yang pernah dinobatkan sebagai warga kehormatan Simeulue oleh Bupati Riswan NS pada Mei 2016 lalu itu melanjutkan, semangat persaudaraan yang mereka tunjukkan dalam kaukus partai gurem tersebut, tetap berlanjut sampai sekarang.

“Sebagai teman saya paham betul kemampuan Erli Hasyim, ia bisa membangun komunikasi politik yang baik dengan semua pihak, serta bisa cepat menyesuaikan diri dengan cepat. Ini merupakan modal untuk membangun Simeulue menjadi lebih baik,” lanjut H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, saat di DPRA, Erli Hasyim juga mampu melahirkan kesepakatan-kesepakatan dan beberapa konsekwensi yang baik bagi kaukus patai kecil, hingga mereka meski hanya memiliki masing-masing satu kursi, tapi bisa masuk dalam alat kelengkapan dewan dan menjadi penentu arah kebijakan.

H Firmandez berharap, Erli Hasyim bisa terus membangun komunikasi politik dengan semua pihak dan merapikan birokrasi di pemerintahan, sehingga kinerja Pemerintah Kabupaten Simeulue ke depan menjadi lebih baik.

“Simeulue punya banyak potensi untuk dikembangkan, saya yakin Erli Hasyim mampu membawa masyarakat Simeulue menjadi lebih sejahtera, sebagaimana simbolnya sebagai negeri ate fulawan, yakni negeri berhati emas,” tegas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, sosok wakil yang mendampingi Erli Hasyim juga merupakan orang yang sudah paham betul tentang Simeulue, Afridawati Darmili merupakan mantan first lady Simeulue. Sudah sepuluh tahun ia menjadi ibu bagi masyarakat Simeulue, yakni selama dua periode suaminya Darmili menjabat sebagai Bupati Simeulue.

“Jangan hanya lihat Afridawati-nya saja, tapi gerbong politik di belakangnya. Ini merupakan modal tambahan bagi Erli Hasyim. Maka saya yakin, duet Erli Hasyim dan Afridawati Darmili sangat ideal dalam memimpin Simeulue. Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas pelantikan Erli Hasyim dam Afridawati sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simeulue,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *