,

Enam Kabupaten/Kota di Aceh Peroleh Nilai B Akuntabilitas Kinerja

BANDA ACEH – Enam kabupaten/kota di Aceh yang sebelumnya memperoleh nilai rating C alias cukup memadai, tahun 2016 naik menjadi rating B (baik) dalam hal akuntabilitasi kinerja.

Keenam daerah tingkat dua tersebut adalah Aceh Barat, Aceh Singkil, Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Jaya, dan Kota Banda Aceh. Rating tersebut berdasarkan laporan evaluasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan saat membuka kegiatan penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Pemerintah Aceh di ruang Serbaguna, Sekretariat Daerah Aceh, Selasa, 6 Juni 2017.

Acara ini dihadiri Asisten Deputi Wilayah I Kementerian PAN dan RB, Ronald Andrea Annas, serta sejumlah peserta Penguatan SAKIP Pemerintah Daerah dari enam Kabupaten/Kota di Aceh.

“Penguatan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah merupakan salah satu upaya yang harus kita tingkatkan dalam rangka meningkatkan perolehan nilai SAKIP bagi Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh, khususnya terhadap enam kabupaten/Kota yang kita anggap perlu mendapat pendampingan penguatan SAKIP yang lebih intensif lagi,” jelas Dermawan.

Dermawan berharap, semangat transparansi dan akuntabilitas semakin menguat dengan adanya pendampingan SAKIP ini, sehingga upaya mewujudkan good goverment dan clean governance di seluruh Aceh dapat tercapai.

Dermawan menjelaskan, salah satu parameter untuk mengukur keberhasilan reformasi birokrasi itu dapat dilihat dari Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah berdasarkan penilaian Kementerian PAN-RB, yang biasanya dikeluarkan setiap tahun. “Dengan evaluasi itu diharapkan dapat melakukan pembenahan internal agar dari tahun ke tahun program reformasi birokrasi menunjukkan progress yang memuaskan,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *