,

Empat Pulau di Aceh Singkil Diklaim Masuk Wilayah Sumatera Utara

Empat pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh diklaim masuk rencana zonasi pesisir dan pulau-pulau kecil wilayah Sumatera Utara. Pulau – pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Singkil Utara tersebut masing-masing Pulau Mangkir Besar, Mangkir Kecil, Lipan dan Pulau Panjang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Singkil, M Ichsan di Singkil, Minggu, 12 November 2017 mengatakan, dalam rencana zonasi pesisir dan pulau-pulau kecil wilayah Sumut, empat pulau tersebut diklaim masuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Tangah.

Klaim tersebut langsung dibantah pejabat di Aceh. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Aceh Singkil, Nazri mengatakan keempat pulau yang diklaim Sumut tersebut berada dalam wilayah Aceh Singkil. Bahkan Nazri mengklaim bahwa empat pulau tersebut telah bersertifikat atas nama penduduk Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

“Pulau tersebut telah bersertifikat atas nama warga Kecamatan Bakongan bernama Alm Tgk Daud. Karena beliau sudah meninggal saat ini dipegang oleh ahli warisnya,” kata Nazri.

Menurutnya, sertifikat itu dikeluarkan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Provinsi Aceh, makanya pulau tersebut resmi milik Alm Tgk Daud warga Bakongan, Aceh Selatan tersebut. “Tidak ada alasan pulau tersebut diklaim pihak Sumut karna pulau itu sudah dikeluarkan sertifikat sah oleh Kanwil BPN Aceh,” tegasnya.

Dia mengaku mengetahui bahwa pulau tersebut telah bersertifikat karena pernah ditawarkan untuk menyewa pulau tersebut dengan diperlihatkan sertifikat resmi oleh pemiliknya.

Menyangkut puluhan pohon kelapa yang berada di empat pulau dimaksud dipanen oleh warga Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menurutnya karena pulau itu telah dikontrak (sewa) sebesar Rp 12 juta pertahun.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *