,

Empat Jenis Makanan Mengandung Formalin di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Operasi pasar yang dilaksanakan tim dari Bagian Ekonomi Pemkab Gayo Lues beserta Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan pihak Kepolisian menemukan empat jenis barang dagangan dinyatakan resmi mengandung formalin.

Kabag Ekonomi Pemkab Gayo Lues, M Yunus, Rabu, 23 Februari 2018 mengatakan, keempat barang dagangan yang positif mengandung formalin adalah udang, ikan asin, ikan teri, dan tempe. Hal itu diketahui setelah dilakukan serangkaian uji coba oleh Dinas Kesehatan Gayo Lues.

“Ini baru beberapa bahan makanan yang dijual yang kita temukan formalinya, mungkin saja pada pedagang lain tidak mengandung formalin, kita hanya mengambil beberapa sempel saja, dan dari sekian banyak yang kita uji, hanya empat bahan makanan ini yang sudah positif,” katanya.

Setelah mengetahui dagangan yang dijual mengandung formalin, tim gabungan langsung memerintahkan kepada pedagang itu untuk membuang dan tidak menjual lagi, dan jika dikemudian hari masih ditemukan dagangan yang dijual mengandung formalin, maka pedagang itu akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Dengan adanya temuan ini, kami dari Pemkab Gayo Lues menghimbau kepada seluruh pedagang agar berhati-hati membeli barang dagangan dari luar, jangan sampai barang itu mengandung formalin, karena hal itu menyalahi prosedur,” himbaunya.

Begitu juga kepada masyarakat, M Yunus meminta agar sebelum membeli bahan makanan diteliti terlebih dahulu, sehingga tidak membeli makanan yang mengandung formalin yang bisa membahayakan tubuh manusia.

“Perlu diketahui seluruh masyarakat, bahwa ciri-ciri bahan makanan yang mengandung formalin adalah dengan melihat lalat, karena lalat tidak mau dekat ke barang dagangan yang mengandung formalin, dan kondisinya tetap segar meski sudah berhari-hari,” ucapnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *