Duta Besar Kanada Puji Destinasi Wisata Aceh

0
221

BANDA ACEH – Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur memuji keindahan berbagai destinasi wisata di Aceh, saat berkunjung ke Banda Aceh. MacArthur dan rombongan diterima oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama sejumlah pejabat di rumah dinas (pendopo) Wali Kota Banda Aceh, Rabu, 13 Februari 2019.

MacArthur pun merasa sangat terkesan dengan Banda Aceh. “Kota dan budayanya indah. Begitu juga dengan sunset-nya. Banyak objek wisata sejarah di Banda Aceh,” kata Peter yang baru pertama kali ke Banda Aceh.

“Saya melihat masa depan yang positif bagi Banda Aceh pasca konflik dan tsunami. Perubahannya sangat baik sekarang, dan akan saya laporkan ke pemerintah Kanada betapa telah banyak kemajuan yang dicapai Banda Aceh. Pak Wali dan warga kota berhak merasa bangga atas capaian ini,” ungkapnya.

Ia pun akan mengupayakan kerja sama sister city antara Banda Aceh dan Calgari -sebuah kota di Kanada yang menurutnya memiliki banyak kesamaan. “Islam adalah agama kedua terbesar di Kanada, dan bahkan Wali Kota Calgari saat ini seorang muslim,” ungkapnya.

“Selain minyak dan gas, Calgari memiliki potensi di bidang pariwisata dengan pengunungan Rocky-nya yang terkenal di dunia. Mereka juga unggul di bidang penghijauan taman-taman kota dan suplai air bersih.”

Dalam bidang pendidikan, sambungnya, beberapa universitas di Banda Aceh juga telah memiliki hubungan kerja dengan universitas di Kanada terutama yang membuka program studi Islam. “Sekarang tercatat ada sekitar 180 lebih mahasiswa Aceh yang tengah menempuh pendidikan di Montreal, Kanada,” ungkapnya.

Sementara soal bisnis, Kanada juga tertarik dalam usaha ekspor-impor kopi Aceh yang sangat digemari di Kanada dan negara-negara benua Amerika lainnya. “Kami akan bantu pengusaha-pengusaha di Banda Aceh dan juga berupaya datangkan pembeli atau pengusaha dari luar negeri ke sini,” ungkapnya lagi.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here