, ,

Dukung Pembangunan Tol Laut, Pengusaha Nasional Bentuk Aspabindo

JAKARTA – Untuk menekan mahalnya biaya logistik di berbagai wilayah Indonesia akibat mahalnya biaya transportasi barang, beberapa pengusaha nasional menginisiasi dan mendeklarasikan berdirinya Indonesian Transport Company Association alias Asosiasi Perusahaan Angkutan Barang Indonesia (Aspabindo) di Jakarta.

Dalam waktu dekat Aspabindo juga akan didirikan di setiap daerah di Indonesia. Para pengusaha nasional yang terlibat dalam pendirian organisasi tersebut antara lain adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh H Firmandez, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indnesia (Aptrindo) Muis Tantawi, Taufik Mustafa pengusaha dari Sumatera Barat, pengusaha muda dari Aceh Farid Reza Firmandez, dan Radi Taufik.

Aspabindo juga didukung oleh beberapa pengusaha senior Indonesia yang menjadi Dewan Pembina organisasi itu, mereka adalah Aburizal Bakrie, MS Hidayat, Abdul Latif, Suryo Bambang Sulistio, Rahmat Gobel, dan Rosan Perdana Roslani.

H Firmandez mengungkapkan, Menteri Penghubungan, Ignasius Jonan juga sangat mengapresiasi dan mendukung penuh berdirinya Apabindo. Menhub berharap Aspabindo dapat mendukung program pemerintah terkait pembangunan tol laut, serta kehadiran Aspabindo diharapkan mampu menekan mahalnya biaya logistik Indonesia.

“Aspabindo hadir untuk mewujudkan pembangunan nasional, karena kegiatan angkut barang mempunyai peran strategis dalam mendukung berbagai aktivitas perekonomian dalam mata rantai pembangunan nasional,” jelas H Firmandez.

Selain itu lanjut H Firmandez, sektor angkutan barang di darat merupakan bagian dari sistem transportasi nasional (Sistranas), yang mempunyai kontribusi sangat penting dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus barang logistik dalam rangka pembangunan ekonomi dan pembangunan wilayah.

“Penting terutama untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan, pertambangan, bahan baku industri manufaktur atau hasil produk manufaktur, karena itulah perlu dikembangkan potensi dan peranannya terutama peran dan fungsi dalam sistem logistik nasional. Didirikannya Aspabindo juga dalam rangka menghadapi persaingan global yang semakin terbuka,” pungkas H Firmandez. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *