,

Dubes India Sambangi KADIN Aceh

BANDA ACEH – Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat bersama Konsul Jenderal (Konjen) India di Medan Dr Shalia Shah, Rabu, 18 April 2018 berkunjung ke kantor Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh. kedatangan Pradeep disambut Wakil Ketua KADIN Aceh, T Sulaiman Badai bersama sejumlah pengurus.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai selama hampir satu jam itu, Pradeep mengaku sangat tertarik dengan Aceh. Ia kagum dengan kemampuan rakyat Aceh bangkit setelah dilanda musibah besar gempa dan tsunami pada akhir tahun 2004 lalu. “Saya kagum orang Aceh kuat, sanggup bangkit dengan cepat,” katanya.

Ia kemudian menawarkan sejumlah peluang kerja sama antara Pemerintah Aceh dan India di berbagai bidang. Otonomi khusus yang berlaku di Aceh, dinilai Pradeep merupakan peluang yang baik untuk membangun kerja sama.

Menurutnya, ada beberapa perusahaan asal Idia yang kini bekerja di sektor konstruksi di Indonesia. Diantaranya seperti pengerjaan fasilitas bandara Ngurah Rai, Bali, pembangunan infrastruktur pelabuhan di Jawa Barat, serta beberapa proyek di bidang medis.

Menanggapi hal tersebut, T Sulaiman Badai menjelaskan, Aceh bisa cepat bangkit dari bencana tsunami, juga disebabkan oleh banyaknya bantuan dari berbagai negara, termasuk dari India. “Soal itu sudah selesai, sekarang bagaimana kita pikirkan tentang pemberdayaan masyarakat,” kata pria yang disapa Ampon Leman tersebut.

Ampon Leman melanjutkan, peluang investasi di Aceh sangat terbuka. Perusahaan India yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur pelabuhan, disarankannya untuk mencoba kerja sama dengan Badan Pengusahaan Kawasan Bebas Sabang (BPKS).

“Banyak hal yang bisa kita kerja sama, Sabang sekarang lagi giat-giatnya dibangun. Kalau ada investor dari India bisa masuk ke sana,” sarannya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *