,

Dua Profesor Taiwan Beri Kuliah Umum di USM

Dua profesor dan beberapa akademisi dari Taiwan, Selasa, 31 Mei 2016 memberi kuliah umum Taiwan Higher Education and Funding Opportunities di Aula H Mr Muhammad Hasan Universitas Serambi Mekkah (USM), Batoh, Lueng Bata, Banda Aceh.

Para pemateri dari Taiwan tersebut adalah Prof Dr Wan Lee Cheng (Leader of Elite Study in Taiwan), Prof Dr Po Tsang Bernie Huang (Direktor of Elite Study in Taiwan Project Office). Mereka didampingi oleh Dr Heriyanto Gunawan (Asistant of Elite Study in Taiwan Project Office), Annie Sui, May Chao, dan Tony Lee.

Prof Wan Lee Cheng menjelaskan, Taiwan hanyalah pulau kecil yang sedikit penduduknya, tapi bisa menjadi negara maju. Ada 68 universitas konsorsium di bawah Elite Study in Taiwan (ESIT) yang siap bekerja sama di bidang pendidikan.

“Banyak jurusan yang bisa diambil untuk melanjutkan pendidikan. Pemerintah Taiwan menyediakan beasiswa termasuk bagi mahasiswa S1 dari manca-negara. Bagi yang ingin melanjutkan study ke Taiwan silahkan hubungi ESIT untuk dibantu aplikasi pendaftaran. Komisi Beasiswa Aceh (LSPDM-red) dan kampus di Taiwan memiliki kerja sama sehingga sebagian dana pendidikan ditanggung oleh kampus,” jelas Prof Wan Lee Cheng.

Pada kesempatan yang sama, Rektor USM Dr Abdul Gani Asyeik mengatakan, kesempatan emas oleh masyarakat Aceh yang ingin melanjutkan study baik S1, S2 maupun S3 ke Taiwan. “Kampus di Taiwan juga memberikan beasiswa, kita bisa memilih mana yang kita inginkan,” jelasnya.

Kuliah umum tersebut ikut dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Serambi Mekkah (YPSM) Teuku Muhamamd H Sulaimanshah, rektor dan pembantu rektor USM, para dekan dan ketua program studi, mahasiswa USM dan perwakilan mahasiwa Universitas Muhamamdiyah Aceh.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *