,

Dua Perempuan Medan Curi Emas di Tapaktuan

Menyaru Sebagai Pembeli

TAPAKTUAN – Dua perempuan paruh baya asal Medan, Sumatera Utara dan Pekanbaru, Riau, mencuri emas sebanyak 5 mayam di Toko Amin Setia, Jalan Merdeka, Kota Tapaktuan, Sabtu, 21 Januari 2017 sekitar pukul 12.20 WIB siang.

Saat melancarkan aksinya, kedua perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut berpura-pura (menyaru) sebagai pembeli. Setelah melihat-lihat contoh barang, seketika pelaku menukar kalung emas seberat 5 mayam milik Toko Amin Setia dengan kalung emas mitasi (tiruan) milik mereka.

Pemilik Toko Amin Setia, Rini, yang dikonfirmasi mengungkapkan karena kedua pelaku tersebut berpura-pura sebagai pembeli emas, sehingga pihaknya tidak menaruh kecurigaan apapun. Dia melayani kedua pelaku seperti pembeli yang lain.

“Saat kedua pelaku meminta lihat kalung emas murni 99 lalu saya keluarkan kalung emas tersebut dari dalam lemari kaca dan saya letakkan di depan mereka. Karena saat itu para pembeli sedang ramai saya juga melayani pembeli yang lain. Ternyata setelah melihat-lihat kalung emas tersebut tiba-tiba kedua perempuan tersebut langsung beranjak pergi,” ungkap Rini.

Kecurigaannya baru muncul, kata Rini, setelah melihat kalung emas yang ditinggalkan kedua perempuan tersebut di atas lemari kaca berbeda dengan kalung emas miliknya. Setelah dicek ternyata benar kalung tersebut adalah emas mitasi (tiruan) dimana sekilas dilihat bentuknya hampir sama dengan kalung emas murni.

“Saat itu saya bersama para pembeli yang lain sempat memanggil kedua perempuan tersebut namun mereka buru-buru terus pergi menaiki Mobil Toyota Avanza Veloz warna hitam nomor polisi BK 1424 VR yang diparkir di pinggir jalan Merdeka Kota Tapaktuan sekitar 50 meter dari Toko Emas Amin Setia,” ujar Rini.

Aksi pencurian yang terjadi di siang bolong di hadapan orang ramai tersebut mengakibatkan kerugian pihak Toko Emas Amin Setia yakni 5 mayam kalung emas murni 99 atau sekitar Rp 9 juta lebih. Pemilik toko telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

Petugas kepolisian bersama masyarakat langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang melarikan diri kearah Kecamatan Samadua. Polisi pun berhasil menangkapnya.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *