,

DPR Diminta Segera Bahas RUU Otsus Plus Papua

JAKARTA – Pemerintah Papua meminta DPR-RI segera membahas Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus Plus Papua. Undang-undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua dinilai belum optimal untuk membangun daerah timur Indonesia tersebut.

Permintaan itu mencuat dalam pertemuan Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta, Rabu, 15 Juni 2016 di Jayapura, Papua. Tim dari DPR-RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon tersebut melakukan kunjungan kerja tiga hari ke sana.

Anggota Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta, H Firmandez mengungkapkan, Pemerintah Papua merasa 15 tahun penerapan Otsus Papua belum berjalan optimal. Mereka ingin Otsus Papua ditingkatkan menjadi Otsus Plus sehingga penyediaan dana Otsus untuk Papua yang habis 10 tahun lagi bisa diperpanjang.

“Pemerintah Papua mengakui bahwa, pembangunan Papua baru terasa dilaksanakan sejak 2002, yakni setelah Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua diberlakukan. Tapi itu juga tidak maksimal karena dilakukan buru-buru dan harga material sangat mahal. Semen saja satu zak bisa mencapai Rp 1 juta sampai Rp 2 juta,” ungkap H Firmandez.

Karena itu, lanjut politisi Golkar asal Aceh ini, dana Otsus Rp 58 triliun yang sudah dikucurkan ke Papua belum memberikan multiplayer efek untuk masyarakat di sana. Itu juga yang menjadi salah satu alasan Pemerintah Papua menginginkan agar Undang-Undang Nomor 21 tenyang Otsus Papua direvisi menjadi Undang-Undang Otsus Plus Papua demi keberlanjutan pembangunan di Papua melalui dana Otsus.

“Rancangan Undang-Undang Otsus Plus Papua itu sudah sudah diserahkan ke DPR-RI pada tahun 2015 lalu, tapi belum masuk ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas), jadi Pemerintah Papua menginginkan agar segera dibahas,” pungkas Koordinator Tim Pemantau Otsus Aceh tersebut. [HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *