,

DPD RI Bahas Pemekaran Daerah Otonom Baru

JAKARTA – Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengundang sejumlah gubernur dan bupati untuk membahas pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jakarta. Dari Aceh turut diundang Bupati Aceh Selatan, Bupati Aceh Barat, dan Bupati Simeulue.

Kabupaten Aceh Selatan diwacanakan akan dimekarkan menjadi dua kabupaten yakni Kabupaten Aceh Selatan Jaya. Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan, H Zulkarnaini yang mendampingi Bupati HT Sama Indra, Rabu, 5 Oktober 2016 menjelasan, pertemuan pembahasan pemekaran telah dilakukan di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Oktober 2016.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa para Gubernur dan Bupati secara bersama-sama akan mendesak pihak pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta DPR RI supaya segera membahas dan mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait pemekaran daerah paling lambat pada tahun 2017 mendatang.

“Prosesi penandatanganan kesepakatan tersebut selain disaksikan langsung oleh seluruh pimpinan dan anggota DPD RI, juga disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo,” ungkap H Zulkarnaini.

Menurut Zulkarnaini dalam pertemuan tersebut Mendagri Cahyo Kumolo menyatakan akan mengkaji dan mendalami kembali rencana pemekaran DOB di seluruh Indonesia dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara dalam APBN serta kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi lagi kasus ada daerah yang telah dimekarkan namun sampai saat ini belum mampu mandiri karena minimnya sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Cahyo Kumolo mengatakan untuk mencegah hal itu terjadi maka keputusan pemekaran DOB harus terlebih dulu melalui pertimbangan yang matang dan cermat.

Disamping itu, sambung Zulkarnaini, terkait keputusan pemekaran DOB yang telah ditetapkan sebelumnya sampai sekarang ini juga masih menyisakan beragam persoalan yang belum mampu dituntaskan salah satunya seperti terkait dengan tapal batas dengan kabupaten induk.

Persoalan-persoalan tersebut, kata Zulkarnaini, juga akan menjadi fokus utama akan diselesaikan oleh pihak Kemendagri dalam waktu dekat ini supaya tidak menjadi polemik yang berkepanjangan di tengah-tengah masyarakat.

Zulkarnaini menyebutkan, rombongan dari Kabupaten Aceh Selatan yang berangkat ke Jakarta untuk memenuhi undangan Komite 1 DPD RI tersebut, mewakili dari Pemkab setempat selain Bupati HT Sama Indra dan dirinya selaku Kabag Pemerintahan Setdakab, juga hadir Wakil DPRK Aceh Selatan Mulyadi.

Sedangkan dari Panitia pemekaran DOB Aceh Selatan Jaya (Asja) antara lain adalah Ketua Panitia pemekaran Waled Marhaban, Sekretaris Rajuddin dan Bendahara Armia Majid beserta beberapa orang anggota seperti Abi Khairudin, Tgk Yunus Thaibi, Tgk Irhafa Manaf, Tgk Basiron Al Yusufi, Yusrizal, M Syarif dan H Banta.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *