,

Ditinggal Pergi ke Pesta, Rumah Arifin Hangus Terbakar

TAPAKTUAN – Satu unit rumah milik Arifin (48) warga Ujong Tanoh, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan hangus terbakar pada Senin, 26 September 2016 sekitar pukul 13.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh warga yang curiga melihat asap mengepul dari dalam rumah. Mereka berupaya memadamkan api secara manual dengan menggunakan peralatan seadanya. Kobaran api baru berhasil dipadamkan oleh puluhan warga setempat setelah satu jam kemudian yakni sekitar pukul 14.20 WIB setelah bangunan rumah beserta seluruh isinya rata dengan tanah.

Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan Rahmad Humaidy mengatakan, pasca terjadi musibah kebakaran tersebut pihaknya langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi kejadian.

“Berdasarkan hasil assessment dan pengecekan langsung kelokasi oleh TRC, keseluruhan jumlah kerugian materil yang dialami oleh korban mencapai Rp 100 juta lebih,” sebut Rahmad Humaidy.

Rahmad menyatakan, pihak TRC BPBD Aceh Selatan juga telah menyerahkan sejumlah bantuan masa panik kepada korban kebakaran dengan disaksikan langsung oleh Camat Kota Bahagia, Kapolsek dan Koramil setempat serta Kepala Desa Ujong Tanoh.

Rahmad juga menjelaskan bahwa pada tanggal 22 September 2016 sekitar pukul 14.00 WIB juga telah terjadi bencana angin puting beliung yang memporak-porandakan bangunan rangkang Pondok Pesantren Ashabul Kahfi di Desa Krueng Batu, Kecamatan Kluet Utara.

“Musibah ini juga tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian angin puting beliung para santri sedang melakukan pengajian di Mushala yang berlokasi dalam kompleks pesantren dimaksud,” sebut Rahmad seraya menyatakan pihak BPBD Aceh Selatan berencana akan memperbaiki kembali atap rangkang pondok pesantren tersebut dalam waktu dekat ini dengan menggunakan anggaran Bencana Tak Terduga (BTT) yang tersedia dalam APBK Aceh Selatan tahun 2016. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *