,

Distan Gayo Lues Buka 143 Hektar Sawah Cetak Baru

BLANGKEJEREN – Dinas Pertanian (Distan) Gayo Lues membuka 143 hektar sawah cetak baru di Kecamatan Tripe Jaya dan Rikit Gaib. Penanaman perdana sawah cetak baru itu dilakukan Senin, 19 September 2016 di Desa Tungel, Rikit Gaib.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval mengatakan, sawah cetak baru itu tersebar di desa Tungel baru, Desa Tungel dan Rempelam Kecamatan Rikit Gaib 29 hektar, selebihnya di beberapa desa dalam Kecamatan Tripe Jaya. “Sebelum tanggal 5 Oktober, semua lahan pencetakan sawah baru ini sudah harus siap ditanam sesuai dengan perintah dari Kementrian Pertanian,” jelasnya.

Kepada kelompok tani, Noval mengatakan sawah yang sudah dicetak oleh pemerintah itu tidak boleh ditanami selain padi, jikapun nanti ada ancaman kemarau, maka yang boleh ditanam hanyalah jagung dan kacang kedelai, sedangkan jika warga tetap bersikeras menanam cabai dan tanaman keras lainya, maka dinas Pertanian dan TNI akan menegurnya.

“Tidak dibenarkan menanam tanaman yang tidak berkaitan dengan swasembada pangan, karena selama tiga tahun berturut-turut, pemerintah akan memberikan bantuan benih dan pupuk, serta handtractor dan mesin pemotong padi. Bagi tanah yang belum bersertifikat juga akan dibuat sertifikat gratis,” lanjut Noval.

Asiten II Pemkab Gayo Lues, Amrin yang mewakili Bupati H Ibnu Hasyim mengatakan, selama ini sangat banyak lahan beralih fungsi dari persawahan menjadi pemukiman, dan dengan dibukanya pencetakan sawah baru, maka akan dapat meningkatkan produksi padi.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *