,

Distan Bantu Benih Bagi Petani Gagal Panen

BLANGKEJEREN – Petani jagung di Kabupaten Gayo Lues yang mengalami gagal panen akibat dilanda musim kemarau beberapa bulan lalu, dibantu benih oleh dinas pertanian setempat. JIka tidak ada bantuan tersebut, banyak petani yang enggan menanam jagung karena kehabisan modal.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues Noval SP, Rabu, 14 Desember 2016 mengungkapkan, ada 6000 hektar kebun jagung di sebelas kecamatan di Gayo Lues, namun yang aktif melakukan penanaman setiap saat hanya berkisar 2000 hektar saja. “Sebagian lokasi lahan tidak bisa langsung ditanam setelah panen, karena sangat bergantung dengan cuaca,” ungkapnya.

Meskipun hanya 2000 hektar lahan yang aktif, dinas pertanian tetap memberikan bantuan benih jagung dengan luas 4000 hektar, alasannya supaya petani tetap mau menanam jagung guna memenuhi swasembada pangan.

Sejak awal hingga akhir tahun 2016 produksi jagung di Gayo Lues mengalami penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2015 silam, salah satu alasannya karena ada ratusan jagung gagal panen pasca musim kemarau.

Sementara harga jagung masih tetap standar mulai dari Rp 2.700 hingga Rp 3.200 per kg, jika jagung berbuah normal, harga tersebut sudah menguntungkan para petani.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *