Disdukcapil Aceh Selatan Musnahkan 28.821 Keping E-KTP

0
95

TAPAKTUAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Selatan memusnahkan 28.821 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang telah rusak atau invalid.

Pemusnahan KTP rusak dengan cara dibakar tersebut berlangsung di halaman Disdukcapil Aceh Selatan, Jalan T Ben Mahmud, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Rabu, 19 Desember 2018.

Pembakaran KTP rusak dilakukan secara simbolis oleh Bupati Aceh Selatan H Azwir, Kapolres AKBP Dedy Sadsono, dan Dandim 0107/Asel Letkol (Inf) R Sulistiya Herlambang HB, Sekda H Nasjuddin, Ketua Banwaslu Baiman Fhadli, dan perwakilan KIP Aceh Selatan. Sisa KTP rusak tersebut selanjutnya dibakar sampai habis oleh Staf Disdukcapil Aceh Selatan.

Kepala Dinas Disdukcapil Aceh Selatan H Lahmuddin kepada wartawan mengatakan, KTP elektronik yang dimusnahkan itu merupakan KTP rusak atau sudah habis masa berlakunya yang terkumpul sejak tahun 2011 lalu. “Ada juga pemiliknya pindah ke daerah lain, supaya tidak tercecer, KTP yang telah rusak ini kita musnahkan dengan cara di bakar, ” jelasnya.

Pemusnahan KTP rusak ini, kata dia, menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Percatatan Sipil, Nomor : 471.13/24194/Dukcapil yang bersifat segera.

“Dari 28.821 KTP Elektronik yang dibakar terdiri dari 386 KTP-E gagal engkod dan rusak, 5.321 pindah datang, 20.800 perubahan elemen data, dan 2.314 KTP Nasional,” ujarnya.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here