,

Diplomasi Parlemen Sangat Penting untuk Perdamaian Dunia

JAKARTA – Untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pengentasan kemiskinan dan perdamaian dunia, diplomasi parlemen sangat dibutuhkan. Pembangunan tak akan terwujud tanpa adanya perdamaian.

Hal tersebut disampaikan anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKAP) DPR RI, H Firmandez, Rabu, 6 September 2017 di sela-sela mengikuti World Parliamentary Forum di Nusa Dua, Bali.

Politisi Golkar asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, isu-isu tentang perdamaian dunia untuk pembangunan yang berkelanjutan harus terus dibahas di forum-forum internasional.

“Pembangunan yang merata sangat diperlukan untuk mewujudkan perdamaian dunia. BKSAP DPR-RI sebagai tuan rumah sidang world parliamentary forum ini akan terus berperan aktif untuk mewujudkan hal tersebut,” jelas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Anggota Komisi V DPR RI ini melanjutkan, BKSAP DPR RI dengan berbagai stakeholder dan lembaga internasioal akan terus berkolaborasi menjalin kemitraan, untuk mewujudkan dan melaksankan agenda pembangunan berkelanjutan.

“Untuk mewujudkan semua itu, diplomasi parlemen sangat penting, karena parlemen merupakan lembaga legislator yang membahas anggaran dan mengesahkannya, serta mengawasi pelaksanaannya agar berjalan akuntable dan transparan,” lanjut H Firmandez.

Word Parliamentari Forum yang berlangsung di Bali pada 6 – 7 September 2017 diikuti oleh delegasi dari 47 parlemen dari berbagai negara partisipan, diantaranya: Bhutan, Chile, Fiji, Ghana, India, Zimbabwe, Canada, Ecuador, Iran, Jordan, Mexico, Portugal, Qatar, Korea Selatan, dan Turki. Forum internasional tersebut juga diikuti oleh 19 Observer, antara lain ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), UNDP, European Union, dan Migran Care. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *