,

Dinkes Janji Perbaiki Kualitas Proyek Puskesmas Sawang

TAPAKTUAN – Dinas Kesehatan Aceh Selatan berjanji akan memperbaiki berbagai item pekerjaan pada proyek pembangunan Puskesmas Sawang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Mardaleta M Thaher. Ia juga membantah tudingan anggota DPRK Aceh Selatan Tgk Adi Zulmawar yang menyebutkan dirinya sengaja mengabaikan keluhan dan aspirasi masyarakat Kecamatan Sawang terkait belum maksimalnya pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

“Memang benar Tgk Adi Zulmawar ada menghubungi saya, tapi waktu itu kebetulan saya sedang mengikuti rapat sehingga tidak bisa melayani pembicaraan yang bersangkutan dalam jangka waktu lama. Janji saya akan menghubungi kembalipun lupa karena faktor kesibukan,” bantahnya.

Sedangkan menyangkut beberapa item pekerjaan di Puskesmas Sawang masih ada yang belum sempurna, menurut Mardaleta segera akan diperbaiki dalam waktu dekat ini.
 
“Sebenarnya seperti pintu kamar mandi dan septic tank tersebut memang sudah terpasang sejak awal, tapi dibongkar kembali dalam rangka finishing. Namun semua itu kembali akan dipasang lagi dalam minggu ini sekaligus dengan perbaikan berbagai item pekerjaan lainnya yang masih belum sempurna,” kilah Mardaleta.
 
Demikian juga terkait arus listrik PLN, sambung Mardaleta, tidak benar belum terpasang karena pada dasarnya arus listrik ke fasilitas kesehatan tersebut sudah terpasang sejak awal. “Itu mungkin sudah dibongkar kembali, sebab sejak awal fasilitas listrik PLN memang sudah terpasang. Tunggu dulu saya hubungi Kepala Puskesmas Sawang, saya pertanyakan terkait hal itu,” ujar Mardaleta.
 
Sementara itu, Kontraktor pelaksana pembangunan proyek Puskesmas Sawang dari CV Agung Jaya Prima, H Ruslan mengaku bahwa pihaknya tidak mengetahui pekerjaan septic tank masuk ke dalam item pekerjaan lanjutan tahun 2016.
 
“Saya tidak tahu jika septic tank tersebut masuk dalam item pekerjaan lanjutan tahun 2016. Mereka dari pihak Dinas Kesehatan pun tidak memberitahukan kepada kami. Tapi hal itu tidak masalah, dimana item pekerjaan masih ada kekurangan nanti akan kami selesaikan kembali. Pada hari Jumat 10 Maret 2017 mendatang, mari kita sama – sama turun ke Sawang untuk menyaksikan langsung item mana saja yang masih kurang agar bisa kami perbaiki kembali, bagi kami hal itu bukan sebuah persoalan,” tegas H Ruslan.
 
Sebenarnya, ungkap Ruslan, jika dihitung-hitung secara terperinci, justru dana pribadinya telah banyak dipakai dalam pembangunan Puskesmas Sawang. Sebab khusus terhadap item pekerjaan penimbunan dan pengecatan bangunan tidak masuk dalam RAB tapi telah mereka kerjakan sesuai permintaan pihak Dinas Kesehatan.

“Untuk pekerjaan lanjutan pada tahun anggaran 2017 ini, justru sudah jatuh kepada orang lain bukan lagi kepada saya. Saya pun berencana akan bermusyawarah dengan rekanan yang baru ditunjuk untuk mengerjakan kelanjutan proyek tahun 2017 ini, apakah dia bersedia membayar uang pengganti terhadap tanah timbunan yang sudah saya kerjakan itu,” tegasnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *