,

Dinas Pendidikan Aceh Rekrut 400 Fasilitator Daerah

Untuk mempercepat perluasan akses pendidikan yang berkualitas di seluruh Aceh, Dinas Pendidikan Aceh merekrut 400 orang fasilitator daerah (fasda) dari 10 kabupaten/kota.

Sepuluh kabupaten/kota tersebut adalah: Aceh Tenggara, Gayo Lues, Nagan Raya, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Subulussalam, Simeulue, Langsa, Lhokseumawe, dan Aceh Barat. Para fasilitator daerah yang direkrut akan diberikan Pelatihan Pedagogik (pembelajaran) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Seleksi yang dilakukan Selasa, 3 Mei 2016 dibagi tiga kategori untuk setiap kabupaten/kota, yakni 15 orang fasilitator pembelajaran SD, 15 orang fasilitator pembelajaran SMP dan 10 orang fasilitator MBS.

Seleksi melibatkan unsur pengawas dinas pendidikan, LPMP Aceh, LPTK dan USAID Prioritas tersebut mengunakan standar perekrutan yang pernah dilakukan oleh USAID Prioritas di 9 kabupaten mitranya. Sebagian besar para fasilitator daerah tersebut adalah guru, kepala sekolah dan pengawas terbaik.

“Minat guru untuk menjadi fasilitator daerah sangat besar, rata-rata di setiap kabupaten/kota kami menerima lebih dari 80-an calon, tapi karena kita membatasi jumlah perkabupaten sehingga kita harus memilih yang terbaik dari yang baik,” ungkap Ridwan Ibrahim, Koordinator USAID Prioritas untuk Provinsi Aceh.

Ridwan Ibrahim menjelaskan, penentuan kelulusan yang utama adalah berdasarkan kemampuan mengajar, ditambah dengan kemampuan lain seperti keterampilan dasar menggunakan komputer terutama power point, pengalaman memfasilitasi dan mengikuti pelatihan, sikap, disiplin dan kondisi kesehatan.

Sebanyak 20 fasilitator daerah dari tiap kabupaten dalam waktu dekat akan dilatih di Banda Aceh (Training of Trainers) selama 7 hari sesuai dengan jenjangnya. “Diharapkan, setalah mendapatkan berbagai materi pelatihan dari fasda USAID Prioritas, para fasilitator daerah 10 Kab/kota ini dapat melatih sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya sekaligus melakukan pendampingan pada medio Juli, September dan November 2016,” harap Ridwan Ibrahim.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya meningkatkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik maupun tenaga kependidikan, Dinas Pendidikan Aceh telah mengalokasikan dana APBA sebesar Rp16,6 miliar.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *