,

Diaspora Indonesia di Manila Jamu Delegasi AIPA

MANILA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bersama Indonesian Diaspora Network (IDN) Manila, Filipina, Minggu malam, 17 September 2017 menjamu delegasi Indonesia yang mengikuti sidang ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Manila, Minggu malam, 17 September 2017.

IDN atau diaspora Indonesia di Manila merupakan wadah berkumpulnya para profesional asal Indonesia yang berkiprah di Filipina. IDN dipimpin oleh putra Aceh, Said Zaidansyah.

“Pertemuan dengan diaspora Indonesia Manila berlangsung penuh keakraban di KBRI Manila. Banyak hal yang dibicarakan terkait perkembangan di dalam negeri, baik politik maupun ekonomi, serta berbagai hal lainnya. Mereka orang-orang profesional di berbagai bidang yang berkarir di Filipina, ketuanya Pak Said orang Aceh,” jelas anggota delegasi Indonesia di AIPA, H Firmandez.

H Firmandez mengungkapkan, mereka yang tergabung dalam diaspora Indonesia di Manila, meski berada di luar negeri, sering melakukan kegiatan-kegiatan yang menyangkut dengan suasana dan keadaan di dalam negeri.

Salah satunya seperti ketika Bank Sentral Amerika (Fed AS) menaikkan tingkat bunga. Diaspora Indonesia di Manila menggelar diskusi tentang dampak kebijakan AS tersebut terhadap perekonomian Indonesia dan Filipina. “Jadi meski di luar negeri, mereka peduli terhadap berbagai perkembangan dalam negeri,” ungkap H Firmandez.

Diaspora Indonesia di Manila yang didirikan pada akhir 2015 silam merupakan sarana berbagi informasi, wawasan dan pengalaman bagi para diaspora. Forum Diaspora Membagi merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang telah digelar oleh IDN Manila.

Forum lain yang dilakukan Diapora Indonesia di Manila adalah “Mengenal Indonesia” sebuah forum yang digelar untuk mengenalkan Indonesia kepada generasi muda keturunan Indonesia yang berada di Filipina.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *