,

Dewan Dorong Pelestarian Pala Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Tanaman pala asli di Aceh Selatan harus dilestarikan. Komoditas ini telah mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat di negeri naga tersebut sejak tempo dulu. Dinas Kehutanan dan Perkebunan diminta untuk tidak membiarkan petani mengalihkan tanaman pala ke tanaman lain.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi B DPRK Aceh Selatan, Hadi Surya. Ia menilai dinas terkait seperti membiarkan bahkan mendorong petani mengalihkan tanaman pala di kebun mereka dengan tanaman lain seperti kakao, kopi dan jenis lainnya.

Hadi menjelaskan, pala merupakan tanaman yang sudah menjadi identitas Aceh Selatan, selain dikenal sebagai kota naga, Aceh Selatan juga sering disebut sebagai negeri pala. “Pala merupakan tanaman identitas yang jadi kebanggaan bagi daerah ini,” tegasnya.

Di bawah tahun 2003 pala pernah jadi primadona di Aceh Selatan. Kini banyak tanaman pala di daerah tersebut yang diserang penyakit hama batang dan jamur akar putih yang telah memusnahkan ribuan tanaman pala milik masyarakat.

Berbagai langkah dan upaya telah dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan dalam menangani persoalan tersebut baik telah bekerjasama dengan pihak Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh juga telah menjalin kerjasama dengan tim Balittri dan Balittro Bogor, Jawa Barat.

“Kita harus mengakui bahwa upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan sudah cukup maksimal. Dengan bekerjasama dengan tim Balittri dan Balittro, mereka telah melakukan berbagai penelitian untuk mencari formulasi yang tepat menangani hama pala, namun sayangnya hingga saat ini belum ditemukan solusi konkrit,” jelas Hadi.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *