,

Desa di Aceh Selatan Kelola Anggaran Hingga Rp1,2 Miliar

TAPAKTUAN – Alokasi dana desa yang diterima Pemkab Aceh Selatan pada tahun anggaran 2017 mencapai 265,6 miliar lebih atau meningkat hingga 60 persen yakni sebesar Rp 42 miliar lebih jika dibandingkan tahun 2016 lalu hanya sebesar Rp 223,5 miliar lebih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Selatan, Emmifijal di Tapaktuan, Selasa, 14 Februari 2017 menyebutkan, alokasi dana desa pada tahun anggaran 2017 tersebut masing-masing bersumber dari APBN sebesar Rp 197 miliar lebih. Kemudian alokasi dana gampong (ADG) sumber APBK 2017 sebesar Rp 66,7 miliar lebih, bagi hasil pajak Rp 1 miliar lebih dan bagi hasil retribusi Rp 890 juta lebih

“Dengan penambahan alokasi tersebut, maka jumlah anggaran yang dikelola langsung oleh masing-masing desa pun meningkat drastis. Yakni mulai dari yang paling rendah Rp 950 juga hingga paling tinggi sebesar Rp 1,2 miliar per desa,” ungkap Emmifizal.

Namun demikian, dari jumlah keseluruhan dana desa tahun 2017 yang mencapai Rp 265,6 miliar itu masih gambaran awal. Sebab untuk penentuan angka pasti tersebut sampai saat ini belum ditetapkan dalam surat keputusan (SK) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Untuk angka pastinya harus sesuai yang tertera dalam SK dan Perbup Bupati. Sementara sampai saat ini keputusan resmi tersebut belum turun. Tapi biasanya gambaran awal tidak jauh meleset dari angka pasti saat realisasi nanti,” ungkapnya.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *