,

Datok Penghulu Harus Jadi Ujung Tombak Penegakan Syariat

KUALA SIMPANG – Para datok penghulu/keuchik dan imum mukim diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam penegakan syariat Islam di tingkat desa. Sebagai pengayom masyarakat, peran mereka sangat vital dalam pemerintahan dan pembangunan desa, serta pemberdayaan masyarakat.

Harapan itu disampaikan anggota DPR-RI asal Aceh, H Firmandez saat usai pelantikan keuchik/datok penghulu dan imum mukim se-Aceh Tamiang di Kantor Bupati Aceh Tamiang, Selasa, 9 Agustus 2016.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Bupati Hamdan Sati dan Wakil Bupati Iskandar Zulkarnain. Ikut hadir pada pelantikan itu unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkomda) Aceh Tamiang, tokoh masyarakat setempat, serta para kepala SKPK.

H Firmandez menjelaskan, keuchik/datok penghulu dan imum mukin, merupakan perpanjangan tangan pemerintah di tingkat desa, mereka yang setiap hari langsung bersentuhan dengan berbagai kepentingan dan persoalan masyarakat. “Peran mereka sangat sentral dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khsus (Otsus) Aceh tersebut.

H Firmandez melanjutkan, untuk melakasanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin di desa, para keuchik/datok penghulu dan imum mukim, harus berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat gampong, agar tidak muncul sengketa di pemerintahan.

“Apalagi ini menjelang Pilkada, jangan hanya karena beda pilihan nanti terjadi pergesekan dalam masyarakat. Keuchik/datok penghulu dan imum mukim sebagai pengayom masyarakat harus mampu mencegah itu,” harapnya. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *