,

DAS Krueng Idi Dibangun Tanggul 1,5 Km

TEROPONGACEH.COM | IDI – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur akan membangun tanggul di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Idi sepanjang 1,5 kilometer. Bupati H Hasballah HM Thaib, Kamis, 18 Agustus 2016 langsung melakukan survey ke DAS Krueng Idi di kawasan Gampong Aceh, Kecamatan Idi Rayeuk.

“Bukan hanya tanggul untuk mencegah abrasi, tapi juga dilengkapi dengan pembangunan jalan dengan lebar 6 meter,” kata bupati yang sering disapa Rocky itu saat melakukan survey rencananya pembangunan tanggul tersebut.

Rocky menjelaskan, proyek tersebut akan dikerjakan dengan menggunakan dana yang bersumber dari Otsus Tahun 2016. “Sejak merdeka abrasi krueng Idi belum pernah dibangun tanggul, sementara ancaman dari abrasi sangat tinggi. Untuk menyelamatkan rumah penduduk di sini kita akan bangun tanggul sekaligus jalan,” kata Rocky.

Disisi lain, kata Rocky, dengan pembangunan tanggul dan jalan akan terjadi peningkatan harga tanah. Selain itu, denyut ekonomi masyarakat akan menjadi akan menjadi lebih terasa, lebih-lebih di desa itu memiliki fasilitas pendidik yakni MIN Gampong Aceh. “Di lokasi ini juga cocok untuk pembangunan rumah sewa, karena jarak tempuh hanya 400-600 meter ke jalan negara Banda Aceh – Medan atau ke Kota Idi,” ujar Rocky. [IS]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *