,

Dandim 0113/GL Galakkan Pembangunan 1.000 Jamban

BLANGKEJEREN – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0113/Gayo Lues, Letkol Inf Richard Harison menargetkan pembangunan 1.000 unit jamban untuk masyarakat miskin di negeri seribu bukit tersebut.

Pasalnya, selama ini masih banyak warga di dataran tinggi Gayo itu yang buang hajat di sungai karena tidak adanya jamban (WC) di rumah. Direncanakan pembangunan 1.000 unit jamban itu akan dilakukan merata di 145 desa. Kerja sosial tersebut dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan setempat.

“Tahun ini yang sudah selesai pembangunan jamban ada 483 unit, jamban ini dibangun khusus di rumah warga yang tidak mampu saja, itupun tidak semuanya, diseleksi dulu,” jelas Dandim.

Menurutnya, sanitasi itu sangatlah penting guna membudayakan hidup sehat supaya warga membiasakan diri tidak membuang kotoran ke sungai, dan aliran sunggai di Gayo Lues akan tetap terjaga dari limbah dan kotoran manusia.

“Kalau jaman dulu tidak masalah membuang hajat ke sungai, karena jumlah penduduknya masih sedikit, tapi kalau sekarang jumlah penduduk semakin meningkat, sedangkan kebutuhan air sangat tinggi, jadi sungai harus kita jaga bersama-sama,” pungkasnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *