,

Dana Otsus Aceh Harus Diarahkan ke Penguatan Syariat

LANGSA – Penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh harus lebih diarahkan untuk penguatan syariat Islam sebagai kekhususan Aceh. Penegasan itu disampaikan Koordiator Tim Pemantau Otsus Aceh, Firmandez, Selasa, 9 Februari 2016 dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan unsur Muspida Pemko Langsa.

Rapat kerja tersebut beragendakan penyampaian pokok-pokok pikiran DPR atas penyelenggaraan pemerintah daerah dan pemerintahan desa berikut prinsip pendanaannya.

1455089190756“Sejalan dengan perkembangan pelaksanaan otonomi daerah dewasa ini yang telah memasuki dekade kedua, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan otonomi daerah tersebut dengan memberikan otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri,” jelas Firmandez.

Firmandez melanjutkan, Aceh sebagai daerah bersyariat, harus mampu memaksimalkan penggunaan dana Otsus untuk penguatan syariat Islam. “Dana Otsus bisa digunakan untuk bangun mesjid, sarana ibadah dan infrastruktur lainnya untuk penguatan syariat Islam,” lanjutnya.

Firmandez melanjutkan, pemberian dana Otsus merupakan salah satu upaya pemerintah untuk penguatan pemerintahan daerah. Berbagai upaya juga telah dilakukan pemerintah untuk penguatan otonomi daerah. “Itu tentunya untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ujar Firmandez.

Masih menurut Firmandez, dalam undang-undang APBN-P 2015, pemerintah pusat telah mengucurkan dana tranfer daerah dan dana desa ke Kota Langsa sebesar Rp 779,522 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari dana bagi hasil Rp 40,764 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 451,951 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 134,397 miliar, dana transfer lainnya Rp 119,437 miliar, dan dana desa untuk 66 desa sebesar Rp 42,395 miliar.

“Pemerintah Kota Langsa harus berperan dalam mendorong realisasi anggaran. Pemanfaatannya harus maksimal, termasuk untuk penguatan syariat Islam,” harap Firmandez. [LH]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *