,

Dana Desa Simeulue Naik 124 Persen

SINABANG – Alokasi dana desa untuk Kabupaten Simeulue naik 124 persen. Dari sebelumnya Rp 37.35 miliar pada APBN-P 2015 naik menjadi Rp 83,78 miliar. Meningkat sebesar Rp 23,51 miliar. Pos transfer ke daerah dari pusat untuk Simeulue juga naik sebesar 14 persen, dari Rp 527,79 miliar pada APBN-P 2015 meningkat menjadi Rp 605,45 miliar dalam APBN 2016, naik sekitar Rp 96,49 miliar.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi VIII DPR-RI, H Firmandez, saat sosialisasi kebijakan dana desa di Sinabang, Rabu, 11 Mei 2016, bersama Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Lisbon Sirait. Materi sosialisasi juga disampaikan para nara sumber dari Kementerian Desa pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta dari Kementerian Keuangan.

Pada sosialisasi kebijakan dana desa tersebut, H Firmandez menyampaikan pokok-pokok pikiran DPR-RI atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa, berikut prinsip pendanaannya dalam sistem otonomi daerah.

Politisi Golkar ini menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan otonomi di daerah, salah satunya melalui undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan pengalokasian dana desa. “Dana desa diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” jelas Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khsus (Otsus) Aceh tersebut.

H Firmandez mengingatkan, dana desa agar digunakan sesuai peruntukannya untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan fasilitas umum di desa. “Regulasinya telah diatur dalam PP Nomor 60 tahun 2015 dan peraturan menteri terkait, jadi manfaatkanlah dana desa itu secara maksimal dan transparan,” harap H Firmandez.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *