,

Dana Desa Diprioritaskan Untuk Modal BUMG

TAPAKTUAN – Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh Selatan menginstruksi para kepala desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk penyertaan modal Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Kepala BPM Aceh Selatan, Emmifizal menjelaskan, langkah itu dilakukan untuk menjamin kesiapan desa agar tetap mampu menggerakkan ekonomi desa jika sewaktu-waktu program dana desa dihentikan. “Desa harus lebih mandiri jika nantinya dana desa dihentikan,” jelasnya, Kamis, 11 Agustus 2016 di Tapaktuan.

Menurutnya, meski penggunaan dana desa menjadi hak penuh masyarakat melalui pengambilan keputusan musyawarah mufakat, namun atas pertimbangan masukan dan saran yang disampaikan oleh Pemkab Aceh Selatan, arahan tersebut telah ditindaklanjuti oleh masing-masing desa.

“Jika memang ada program kerja lain yang dinilai lebih prioritas kita tidak pernah mengintervensi masyarakat untuk tetap mengalokasikan anggaran terhadap BUMG. Tapi setelah dipertimbangkan secara matang dan bijak, penggunaan dana desa sejak dua tahun terakhir selalu diprioritaskan untuk BUMG dengan tetap tidak mengesampingkan pengalokasian anggaran untuk pekerjaan proyek fisik,” ujarnya.

Emmifizal merincikan, sejak awal Agustus 2016, Pemkab Aceh Selatan melalui BPM dan DPKKD telah mencairkan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen terhadap 260 desa di daerah tersebut.

Keputusan pencairan dana ini dilakukan Pemkab Aceh Selatan setelah Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dana desa tahun 2015 telah selesai dipertanggungjawabkan oleh seluruh desa termasuk juga telah membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) serta Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG) tahun anggaran 2016.

Jumlah keseluruhan dana desa Aceh Selatan tahun 2016 sebesar Rp 223,5 miliar, khusus sumber dana dari transfer pusat (APBN) dari jumlah seluruhnya Rp 154,5 miliar lebih, maka 60 persen tahap pertama yang telah di transfer ke masing-masing desa berjumlah Rp 92,7 miliar lebih.

Sedangkan untuk 40 persen lagi tahap kedua sebesar Rp 61,8 miliar lebih, baru akan dicairkan jika pihak desa telah selesai membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *