,

Dana Desa Dipotong Rp30 Juta dengan Dalih Uang Buku

BLANGKEJEREN – Sejumlah kepala desa di Kecamatan Blangpegayon, Gayo Lues diminta menyetorkan uang Rp 30 juta ke rekening CV SB atas nama SW dengan dalih untuk uang. Hal itu terungkap setelah sebagian masyarakat melakukan protes.

Anggota DPRK Gayo Lues, Abdul Wahab langsung mempertanyakan hal itu kepada
Kabid Perbendaharaan Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Jemalim, Senin, 18 Juli 2016.

“Kemi mendengar adanya pemotongan dana desa dengan cara dikirimkan oleh kepala desa ke salah satu rekening, dan kami sudah tahu rekeningnya, apakah ini ada kaitannya dengan DPKD?” tanyanya. Menanggapi hal itu Jemalim mengaku pihaknya tidak mengetahui persoalan tersebut.

Pemotongan dana desa untuk dalih pembelian buku tersebut terjadi saat pencairan dana tri wulan pertama tahun 2016. Para kepala desa diminta agar mengutamakan penyetoran uang buku sebanyak Rp 30 juta ke rekening CV SB nomor rekening 04001056600XXX atas nama SW. “Setoran uang Rp 30 juta itu disuruh oleh Kasi TMMD Kantor Camat Blangpegayon,” kata salah satu kepala desa di hadapan anggota DPRK Gayo Lues.

Namun Camat Blangpegayon, Mutia Khatmi yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan setoran uang Rp 30 juta itu bukan disarankan oleh Kasi PMD. Untuk lebih jelas ia meminta wartawan menjumpainya esok hari di kantor camat Blangpeugayon.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *