,

Dana Desa Dibagi Rp1 Juta Per KK

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues menyetujui dana desa untuk desa Ponomon Jaya, Kecamatan Rikit Gaib dibagi rata Rp 1 juta per kepala keluarga (KK). Dana itu akan digunakan sebagai modal menamam serai wangi satu hektar per KK.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gayo Lues H Adam, Kamis, 26 Mei 2016. Katanya, ia sudah menyetujui kesepakatan masyarakat tersebut untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Beberapa hari yang lalu saya ikut rapat di desa Penomon Jaya ini tentang dana desa warga yang akan dibagikan ke setiap kepala keluarga, dan saya setuju karena uang Rp 1 Juta itu manfaatnya jelas, yaitu warga harus menanam serai wangi satu hektar,” katanya.

Adam melanjutkan, meski dana desa tahap ketiga tahun 2015 dan tahap satu dan dua tahun 2016 belum dicairkan, tetapi bermacam program telah disusun masing-masing desa untuk menggenjot perekonomian warga. Seperti warga Penomon Jaya dengan menanam serai wangi satu hektar dari dana desa, dalam hitungan empat bulan selanjutnya akan mampu menghasilkan uang dari penjualan minyak serai hingga Rp 14 juta lebih.

“Saya rasa warga tidak akan terganggu proses menanam padi dan memanennya, karena serai wangi ini hanya sampingan saja, saat padi selesai ditanam, maka warga sudah bisa menyuling serai wangi untuk kebutuhan sehari-harinya,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *