,

Dampak Tanah Longsor, Tiga Travo PLN Padam

TAPAKTUAN – Banjir disertai tanah longsor yang terjadi di beberapa titik dalam wilayah Aceh Selatan pada Senin malam, 18 Juli 2016 mengakibatkan putusnya arus listrik PLN di beberapa desa akibat tumbangnya beberapa tiang listrik. Tiga travo padam, 500 rumah penduduk gelap gulita.

Manager PLN Rayon Tapaktuan, Rizaldi mengatakan untuk wilayah kerjanya terdapat satu tiang listrik yang tumbang di Desa Sawang 1, namun tiang listrik yang tumbang tersebut telah berhasil ditangani pada Selasa pagi, 19 Juli 2016.

“Kalau diwilayah kerja saya hanya satu tiang listrik yang tumbang yakni di Desa Sawang 1. Sedangkan tiang listrik yang tumbang di Desa Labuhan Tarok itu menjadi kewenangan pihak PLN Rayon Labuhanhaji,” kata Rizaldi.

Manager PLN Rayon Labuhanhaji, Mujiburahman mengatakan, akibat banjir bandang dan tanah longsor mengakibatkan sebanyak 3 tiang listrik tumbang di Desa Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek.

Tiang listrik yang tumbang sebanyak 3 batang tersebut seluruhnya tiang pengantar tegangan menengah (20.000 volt) tersebut, hingga saat ini belum selesai dilakukan perbaikan oleh pihak PLN karena menunggu datangnya peralatan crane dari Subulussalam. Sedangkan sejumlah tiang listrik pengantar kabel bertegangan 380 volt yang turut tumbang di beberapa titik telah berhasil dilakukan perbaikan menggunakan tenaga manusia.

Sebenarnya, kata Mujiburrahman, peralatan crane dari Subulussalam tersebut telah berangkat sejak Selasa pagi, 19 Juli 2016, namun karena gangguan tumbangnya tiang listrik terjadi sejak dari Kuta Fajar Kecamatan Kluet Utara sehingga penanganan harus dilakukan secara bertahap.

“Sampai saat ini sekitar 500 rumah penduduk di Desa Labuhan Tarok, Desa Lhok Aman dan Desa Alue Meutuah masih belum teraliri arus listrik PLN karena 3 travo masih padam. Kami memperkirakan paling lambat sampai Selasa malam langkah penanganan sudah selesai dilakukan jika peralatan crane sudah sampai ke lokasi,” jelasnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *